DPC PDIP Sintang Pamerkan Teh dan Sirup Bawang Dayak

oleh -265 views
DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sintang pamerkan produk unggulan teh dan sirup dari Bawang Dayak

SINTANG | SintangPost.com – Tak kalah dengan DPD PDI Perjuangan dari daerah lain, DPD PDI Perjuangan Kalimantan Barat juga menampilkan beberapa produk unggulan yang menjadi khas daerah pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I dan Peringatan HUT ke-47 PDI Perjuangan yang digelar di JI Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (10/1/2019)

DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sintang pun ambil andil dalam kesempatan ini dengan memamerkan teh dan sirup Bawang Dayak.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sintang, Jeffray Edward mengungkapkan Eleutherine Palmifolia L Merr atau Eleutherine Bulbosa Mill atau yang akrab disebut Bawang Dayak oleh masyarakat Dayak di Kalimantan termasuk di Kabupaten Sintang diolah menjadi the dan sirup sehingga mudah dikomsumsi oleh masyarakat.

“Biasanya Bawang Dayak ini dikomsumsi dalam bentuk segar atau direbus begitu saja. Kali ini, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sintang bekerja sama dengan Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Pelita Jerora Sintang menyajikannya dengan bentuk teh dan sirup sehingga mudah dikomsumsi,” katanya ketika dihubungi oleh SintangPost.com, Minggu (12/01/2020).

Jeffray Edward yang juga merupakan salah satu Pembina di P4S Pelita Jerora Sintang ini mengatakan ada banyak manfaat dari Bawang Dayak yang mungkin masih belum diketahui khalayak banyak, yaitu mengatasi infeksi, meningkatkan kepadatan tulang pada anita menoupause, menurunkan resiko kanker dan penyakit jantung setelah menoupause.

“P4S Pelita Jerora Sintang mengemasnya menjadi sirup dan teh, tata cara komsumsinya selayaknya kita kita membuat minuman dari sirup dan teh seperti biasanya, jika sirup bisa ditambah dengan air jika teh bisa diseduh dengan air,” katanya.

Jeffray Edward mengharapkan hal ini dapat meningkatkan nilai jual Bawang Dayak dan dapat memasyarakatkan Bawang Dayak.

“Diharapkan ini bisa menjadi minuman khas Sintang yang berkhasiat dan menyehatkan,” ucapnya.

Pada kesempatan ini, Jeffray juga mengucapkan terimakasih kepada STKIP Persada Khatulistiwa  Sintang yang telah melakukan penelitian terhadap komposisi bawang Dayak.

“Kita mengucapkan terimakasih pada STKIP Persada Khatulistiwa Sintang dan semua pihak yang membantu sehingga produk ini dapat dibuat dan menjadi komsumsi yang tak hanya enak namun juga menyehatkan,” ujarnya.

Tak Kalah Saing

Ketua DPD PDI Perjuangan Kalimantan Barat, Lasarus mengungkapkan produk-produk unggulan khas Kalimantan Barat yang dipamerkan di stan tidak kalah saing dengan produk unggulan dari daerah lain.

“Kalau kalah saing, tidak, hanya saja perlu sentuhan teknologi sehingga nilai ekonominya menjadi bertambah dan mempunyai daya jual tinggi nantinya sehingga bisa menembus pasar internasional,” katanya.

Lasarus juga mengaku senang dengan digelarnya pameran produk unggulan pada Rakernas I dan HUT PDI Perjuangan. Ia berharap hal ini dapat menjadi penyemangat bagi pelaku usaha produk unggulan ini karena bisa menjadi jalan baik untuk pengembangan produk-produk unggulan tersebut.

“Ini momentum baik dalam pengembangan produk-produk unggulan. Kita berharap ini dapat menjadi langkah baik dalam meningkatkan daya beli baik konsumen lokal maupun Internasional,” pungkasnya. (Coe)