Sukseskan Sensus Penduduk, BPS Sintang Ajak Warga Partisipasi SPO

oleh -373 views
BPS Kabupaten Sintang bekerjasama dengan Diskominfo Sintang Gelar Sosialisasi Sensus Penduduk Tahun 2020 Kabupaten Sintang

SINTANG | SintangPost.com – Jelang Sensus Penduduk 2020, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sintang bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sintang menggelar Sosialisasi Sensus Penduduk Tahun 2020 Kabupaten Sintang di Aula Diskominfo Sintang, Rabu (12/2/2020).

Kepala BPS Kabupaten Sintang, Mochamad Su’udi mengungkapkan pada Sensus Penduduk 2020, BPS Kabupaten Sintang akan memulai menggunakan Sensus Penduduk Online (SPO) yang akan dimulai pada tanggal 15 Februari-31 Maret tahun 2020.

“Sensus Penduduk Online ini adalah terobosan baru dalam pelaksanaan sensus penduduk. Sasaran kita tentu masyarakat yang familiar menggunakan handphonenya,” ujarnya.

Mochamad mengatakan penggunaan Sensus Penduduk Online sendiri dapat dilakukan secara mandiri selama masa periode tersebut dengan mengoptimalisasikan teknologi informasi.

“Dengan Sensus Penduduk Online 2020, kita ingin menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang arti penting data, dimulai dari informasi pribadinya. Dengan demikian, kita dapat mewujudkan satu data kependudukan Indonesia,” katanya.

Untuk berpartisipasi dalam Sensus Penduduk Online, lanjut Mochamad, masyarakat bisa membuka membuka laman resmi (website) sensus.bps.go.id dan melakukan login, mengisi keterangan kependudukan dan perumahan yang ditanyakan secara lengkap terakhir mengunduh bukti yang telah berpartisipasi pada Sensus Penduduk Online yang ada pada tampilan halaman terakhir.

“Hal yang harus disiapkan adalah Nomor Induk Kependudukan (NIK), Kartu Keluarga, Buku Nikah atau Akta Cerai serta alamat anggota keluarga yang tidak tinggal di rumah,” tuturnya.

Mengenai target, Mochamad yakin pencapaian Sensus Penduduk Online 2020 akan mencapai target yang sudah ditentukan.

“Target kita 8 persen, dan begitu Bupati Sintang tahu, beliau terkejut, karena ternyata itu kecil. Jadi, kita yakin target kita akan sampai,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sintang, Kurniawan mengharapkan sosialisasi mengenai Sensus Penduduk 2020 ini dapat sampai dengan masyarakat.

“Dua hari agi, tanggal 15 Februari itu sudah mulai Sensus Penduduk Online hingga 31 Maret mendatang. Baru pada bulan Juli nanti ada sensus penduduk door to door. Ini yang harus kita sampaikan karena hasil sensus untuk mengambil kebijakan data akan akurat,” pungkasnya. (Coe)