Persaingan KSP Tinggi, Jarot Ajak Tingkatkan Inovasi dan Kreativitas

oleh -618 views
RAT dan Peresmian Kantor Pusat KSP Tepian Taduh (Foto : Dicky)

SINTANG | SintangPost.com – Bupati Sintang, Jarot Winarno membuka Rapat Anggota Tahunan (RAT) dan juga meresmikan Gedung Kantor Pusat Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Tepian Taduh yang terletak di Jalan Sintang-Putussibau Km. 50, Desa Pelimping, Kecamatan Kelam Permai, Kabupaten Sintang, Kamis (27/02/2020).

Jarot mengingatkan persaingan antar koperasi saat ini cukup tinggi terlebih lagi adanya simpan pinjam online. Untuk itu, ia mengingatkan dengan gedung pusat yang telah diresmikan ini, KSP Tepian Taduh dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi.

“Pelayanan prima sangat dibutuhkan, ini adalah salah satu upaya dalam menjaga keseimbangan KSP Tepian Teduh karena bagaimanapun saat ini persaingannya cukup ketat, jika tidak memberikan pelayanan prima maka akan ditinggalkan,” ujarnya.

Untuk memberikan pelayanan prima, lanjut Jarot, KSP Tepian Taduh harus meningkatkan kompetensi dan menggunakan dana dengan lebih produktif sehingga KSP Tepian Taduh dapat berkembang dengan lebih baik lagi.

“Tingkatkan entrepreneurship, kreativitas dan inovasi, karena akan sulit jika hanya mengandalkan efisien dan produktif saja,” ucapnya.

Jarot juga mengingatkan kembali tujuan dari koperasi yaitu tujuan gerakan koperasi pada umumnya ialah untuk meningkatkan kualitas hidup anggotanya.

“Sehingga perlu diperhatikan peminjaman yang konsumtif tidak boleh lebih dari 30%, dan peminjaman yang produktif itu 70%, karena kembali lagi kepada tujuan koperasi yakni untuk memberdayakan anggota kita,” tuturnya.

Ketua KSP Tepian Taduh, Daud mengungkapkan bahwa KSP Tepian Taduh ini mulai dibangun sejak tahun 2000 dengan modal awal hanya 1.8 Juta Rupiah. Untuk itu, ia mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang emmbantu da juga kepada masyarakat terutama anggota KSP Tepian Taduh yang telah mempercayakan KSP Tepian Taduh.

“Tahun ini, kita sudah mempunya  kantor cabang di tiga kabupaten yaitu, Kabupaten Melawi, Kabupaten Sintang dan Kabupaten Kapuas Hulu. Kantor pusat ini kita bangun dengan biaya 416 Juta Rupiah,” katanya.

Sementara Ketua Panitia Kegiatan, Lim Pataka menyampaikan bahwa RAT yang digelar merupakan salah satu upaya menjalin silaturahmi antar pengurus dengan anggota sehingga dapat terjalin kerjasama yang lebih baik lagi ke depannya.

“Pengurus juga akan menyampaikan laporan pertanggungjawaban kinerja tahun 2019, menyampaikan dan mengesahkan rencana kerja dan rencana pendapatan belanja tahun 2020,” pungkasnya. (Coe)