Heboh Corona di Sintang, Sinto : Kabar Itu HOAX

oleh -346 views
Press Release Dinkes Sintang (Foto : Coe)

SINTANG | SintangPost.com – Masyarakat Kabupaten Sintang dihebohkan dengan adanya kabar bahwa ada satu pasien dari Badau yang terindikasi virus Corona akan dirujuk ke Rumah Sakit Umum Ade M. Djoen Sintang.

Screenshot pesan Whatsapp yang berisi informasi tersebut dibagikan oleh masyarakat melalui berbagai media sosial.

“Itu Hoax,” ujar Direktur RSUD Ade M. Djoen Sintang, dr. Rosa Trifina ketika dihubungi oleh SintangPost.com melalui telepon selular, Kamis malam (12/03/2020).

Dalam Press Release yang digelar Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Rosa kembali menegaskan bahwa RSUD Ade M. Djoen Sintang yang ditunjuk sebagai salah satu RS Rujukan di Kalimantan Barat dalam penanganan Covid 19 atau yang dikenal dengan Corona ini belum ada menerima satu pun pasien yang terindikasi virus Corona.

“Tidak ada pasien Corona yang dirujuk ke RSUD Ade M. Djoen Sintang. Kita melakukan simulasi penanganan Virus Corona saja,” ucapnya saat press release yang digelar di Aula Diskominfo Kabupaten Sintang, Jumat (13/03/2020).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, dr. Harysinto Linoh juga menegaskan bahwa RSUD Ade M. Djoen Sintang tak ada menerima pasien rujukan baik dari Badau seperti informasi yang tersebar di Media Sosial.

“Kabar itu HOAX. Kita tidak ada menerima rujukan, baik Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) baik dari Badau maupun dari Sekadau,” tegasnya.

Sinto mengatakan pihaknya tidak akan menutupi jika ODP maupun PDP di Kabupaten Sintang dengan memberitahukan melalui media sosial milik Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang atau bisa datang langsung ke Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang untuk mendapatkan data yang akurat.

“Kita terus melakukan koordinasi dengan RSUD Ade M. Djoen Sintang sehingga jika memang ada ODP atau PDP akan segera kita ketahui. Kita tak akan menutupi informasi tersebut,” katanya.

Untuk itu, Sinto mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Sintang tidak terlalu cemas dan terus menjaga kesehatan diri dengan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat.

“Pakai masker jika sedang sakit saja, selebihnya jaga kebersihan diri. Selalu cuci tangan atau menggunakan Hand Sanitizer,” pungkasnya. (Coe)