Upaya Putus Rantai Penyebaran Corona, Pemkab Sintang Gelar Disinfeksi Fasum

oleh -437 views
Bupati Sintang menyemprotkan cairan disinfektan di Terminal Sungai Durian (Foto : Anwar)

SINTANG | SintangPost.com – Pemerintah Kabupaten Sintang bersama TNI Polri bekerjasama melakukan giat bersih lingkungan dalam upaya cegah virus Corona.

Bupati Sintang, Jarot Winarno yang turun langsung pada giat tersebut mengungkapkan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran virus Corona terlebih lagi untuk wilayah Kalimantan Barat sudah ada yang terindikasi.

“Selain pembersihan kita juga menyemprotkan disinfektan ke ruang publik seperti di terminal atau tempat lainnya yang memang tempat dimana manusia saling berinteraksi,” ucapnya.

Jarot Winarno menyampaikan bahwa kegiatan penyemprotan disinfektan di tempat umum seperti ini sebaiknya dilakukan secara periodik mengingat kemampuan disinfektan ada masanya.

“Nanti kita akan buat gugus tugas tanggap Corona sehingga nanti kita bisa tersupport mengenai pendanaannya. Kalau sekarang mau semprot untuk daerah sini saja, kita sudah payah cari lysolnya,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Harysinto Linoh mengatakan pihaknya melakukan disinfektan ke sejumlah tempat umum yang merupakan tempat interaksi banyak manusia sehingga bisa diharapkan bisa memutus rantai penyebaran penyakit akibat virus Corona.

“Seperti yang kita tahu, di terminal ini semua orang datang disini, duduk disini, batuk disini, pilek disini sehingga kita melakukan disinfeksi untuk memutus rantai penyebaran penyakit virus Corona,” tuturnya.

Pada kesempatan ini, Sinto juga mengatakan pihaknya telah melakukan sosialisasi mengenai Corona di berbagai instansi agar masyarakat tidak panik meskipun tetap waspada.

“Kita sudah menggelar sosialisasi mengenai Corona di KPP Pratama, Polres Sintang dan juga beberapa OPD lainnya. Dengan pengetahuan yang disampaikan, diharapkan mampu diberitahukan ke masyarakat luas mengenai cara mengantisipasinya,” pungkasnya. (Coe)