Cemas Corona, Rony Imbau Masyarakat Tak Panik dan Lebih Inten Jaga PHBS

oleh -599 views
Florensius Ronny

SINTANG | SintangPost.com – Penyebaran Virus Corona di Indonesia bahkan di daerah Kalimantan Barat membawa kecemasan sendiri bagi masyarakat tak terkecuali bagi masyarakat Kabupaten Sintang.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Florensius Rony mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Sintang khususnya untuk tidak terlalu panic namun lebih intens dalam menjaga kesehatan.

“Tetap berpikir positif dan melakukan kegiatan seperti biasa. Jangan panic. Tekankan pada diri dan keluarga untuk menjalankan Pola Hidup Bersih dan Sehat,” ujarnya, Senin (16/03/2020).

Florensius Rony menyampaikan ada beberapa langkah dalam menjaga kesehatan tubuh secara intens salah satunya adalah mencuci tangan setiap kali habis beraktivitas baik dengan menggunakan hand sanitizer maupun cuci tangan menggunakan air yang mengalir.

“Jika memang harus beraktivitas di luar, jangan lupa untuk mencuci tangan baik menggunakan air maupun hand sanitizer yang ada di pasaran maupun buatan sendiri. Jangan menyentuh daerah wajah sebelum mencuci tangan dan sebisa mungkin langsung berganti pakaian begitu sampai rumah usai melakukan aktivitas di luar rumah,” katanya.

Pada kesempatan ini, Florensius Ronny juga mengapresiasi langkah yang diambil oleh Pemerintah Kabupaten Sintang dengan melakukan disinfeksi yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sintang melalui Dinas Kesehatan sebagai leading sektor tim tanggap Corona.

“Disinfeksi di sejumlah ruang public merupakan salah satu upaya dari Pemerintah Kabupaten Sintang untuk memutus rantai penyebaran virus Corona. Namun tentu harus dilakukan secara periodic. Tapi kita sadar bahwa keterbatasan dana menjadi salah satu sebab keterbatasan gerak dalam melindungi,” ucapnya.

Untuk itu, Politisi Partai Nasdem ini ajak masyarakat untuk memulai memproteksi diri dengan lebih intens yaitu tidak mudah menyentuh benda yang ada disekitar.

“Sebisa mungkin untuk menahan dirin untuk tidak memegang benda disekitar terlebih lagi ju=ika pergi ke ruang publik,” pungkasnya. (Coe)