Orang Dalam Pemantauan Meningkat, Jarot : Saya Juga ODP

oleh -942 views
Data Update Harian Viru Corona di Kabupaten Sintang (IG Dinkes Sintang)

SINTANG | SintangPost.com – Orang Dalam Pemantauan Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang naik drastis yang sebelumnya hanya 4 Orang Dalam Pemantauan saja menjadi 134 Orang Dalam Pemantauan. Hal tersebut diungkapkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang pada Data Update Harian Kasus Corona Virus Disease (Covid-19) yang bisa dilihat di IG resmi milik Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang.

“Iya, itu data resmi dan memang ada lonjakan Orang Dalam Pemantauan,” ujar Kepala Dinas Kabupaten Sintang, Harysinto Linoh saat menghadiri Rapat Koordinasi Koordinasi Kesiapsiagaan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) dan Pembentukan Gugus Tugas Quick Responce Penanganan Pendemic Covid-19 di Pendopo Bupati Sintang, Selasa (18/03/2020).

Melonjaknya Orang Dalam Pemantauan Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, lanjut Sinto, dikarenakan kesadaran dari warga masyarakat yang bersedia melaporkan dirinya yang baru saja pulang dari daerah yang telah ada kasus Covid-19 melalui hotline yang disediakan.

“Kemarin, Senin (16/03/2020) memang hanya 4 Orang Dalam Pemantauan saja, dan hari ini naik drastis menjadi 134 Orang Dalam Pemantauan. Ini menujukkan kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam memerangi Covid-19 itu sendiri,” ujarnya.

Mengenai satu Pasien Dalam Pengawasan yang saat ini sedang mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Sintang, Sinto menegaskan bahwa Pasien Dalam Pengawasan tersebut bukan merupakan warga dari Kabupaten Sintang.

“Dia merupakan warga dari Kabupaten tetangga. Statusnya baru suspect, belum positif Corona hanya saja memang gejalanya hampir menyerupai. Saat ini, ia sedang dalam penanganan medis dari Rumah Sakit Ade M. Djoen Sintang,” ucapnya.

Bupati Sintang, Jarot Winarno membenarkan bahwa satu Pasien Dalam Pengawasan tersebut belum positif Corona dan juga bukan merupakan warga asli dari Kabupaten Sintang.

“Dia adalah warga dari Kapuas Hulu yang kuliah di Pontianak. Masih suspect, bukan positif Corona meskipun gejalanya ada. Nanti, yang menentukan suspect atau tidak itu adalah Gugus Tugas Pusat,” katanya.

Mengenai Orang Dalam Pemantauan Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang yang melonjak drastis, Jarot mengatakan peningkatan tersebut dikarenakan banyak warga yang melaporkan dirinya usai bepergian dari tempat yang sudah ada kasus Corona positif.

“Saya juga termasuk dalam Orang Dalam pemantauan karena baru pulang tugas dari Pontianak. Ada beberapa orang lagi dan yang jelas, pemantauan tersebut akan berguna dalam penanganan Covid-19,” tuturnya. (Coe)