Curi 13 Unit Motor Untuk Main Judi, Al dan Tu Diamankan Polres Sintang

oleh -344 views
Polres Sintang mengamankan Al dan Tu yang telah melakukan tindak pidana pencurian

SINTANG | SintangPost.com – Kepolisian Resort Sintang mengamankan LA dan TU yang diduga telah melakukan tindakan pidana pencurian motor sebanyak 13 unit.

Kapolres Sintang, AKBP Jhon Halilintar Ginting mengungkapkan pada 11 Februari 2020 lalu pukul 20.00 WIB pihaknya mendapatkan laporan dari Mar yang telah kehilangan sepeda motor miliknya di Jalan Lintas Melawi depan Masjid Al-Amin Sintang.

“Begitu mendapatkan laporan, kita langsung melakukan penyelidikan dan pada tanggal 23 Maret 2020 sekitar pukul 20.00 WIB, kami mendapatkan informasi keberadaan motor yang hilang tersebut,” ucapnya saat press release yang digelar di halaman Mapolres Sintang, Kamis (26/03/2020).

Setelah mendapatkan informasi tersebut, lanjut Kapolres Sintang, pihaknya langsung melakukan pemeriksaan dan menemukan kecocokan kendaraan hilang yang telah dilaporkan ke Polres Sintang.

“TU dan AL diamankan saat sedang berada di salah satu biliar di wilayah Baning. Dari hasil pemeriksaan, kedua tersangka mengaku telah melakukan pencurian sepeda motor sebanyak 13 unit ditempat yang berbeda dan saat ini semua bukti sudah kita amankan dari masing-masing pembeli,” tuturnya.

Kapolres Sintang mengatakan atas tindak pidana kriminal tersebut, AL dan TU akan terancam pasal 363 ayat 1 ke-4 KUHP dengan ancaman hukuman selama tujuh tahun.

“Motor tersebut telah dijual dan hasil jualnya sudah dipakai untuk main judi. Rata-rata motor dijual dengan harga 2 hingga 3 juta tergantung merk motor,” ucapnya.

Kapolres Sintang juga meminta kepada masyarakat yang telah kehilangan sepeda motor untuk dapat melihat apakah ada sepeda motor miliknya yang telah diamankan Polres Sintang.

“Saat ini yang ada cuma dia laporan saja, jika ada yang lain silahkan datang bawa STNK dan BPKBnya, kemudian nanti akan kita cek apakah benar atau tidak. Ini gratis, tidak dipungut biaya,” tegasnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Billy Welsan mengapresiasi kinerja dari Polres Sintang terkait adanya penangkapan LA dan TU yang telah melakukan tindak pidana pencurian sepeda motor.

“Ini membutuhkan pemikiran dan sangat menyita waktu namun akhirnya perjuangan dari Polres Sintang pun tak sia-sia. 13 Motor itu tidak sedikit dan ini patut diapresiasi,” ujarnya.

Billy mengharapkan masyarakat dapat lebih intens mengawasi barang milik pribadi sehingga kejadia serupan tidak kembali terulang di Kabupaten Sintang.

“Tindak kriminal itu biasanya dilakukan karena adanya kesempatan. Ini yang harusnya kita antisipasi. Kita tentu berharap kejadian serupa tak kembali lagi terjadi di Kabupaten Sintang,” pungkasnya.

13 unit motor yang telah diamankan oleh Polres Sintang adalah :

Empat unit sepeda motor merk Revo di TKP Jalan PKP Mujahiddin, Tugu Beji, Kelam Permai, Belakang SMU 2.

Tiga unit sepeda motor merk di TKP Jalan Lintas Melawi depan Masjid Al-Amin, Gang Fajar Baning, Gang Sehat Sungai Durian.

Empat unit sepeda motor honda beat injeksi di TKP Gang Efata, depan SMKN 1, depan Kantor Bupati Sintang, depan cafe Kongkow di Lintas Melawi.

Satu unit sepeda motor Yamaha Jupiter Z TKP Depan Kantor Bupati SintangSintang.

Satu unit sepeda motor Honda Rebo karburator TKP alun-alun Kantor Bupati Sintang. (Coe)