Sisihkan Anggaran, DPRD Sintang Harap Rapid Test Corona Tersedia

oleh -800 views
*istimewa

SINTANG | SintangPost.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang mengharapakan Pemerintah Kabupaten Sintang melalui instansi terkait untuk segera membeli Rapid Test Corona.

Rapid test adalah metode skrining awal untuk mendeteksi antibodi, yaitu IgM dan IgG, yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan virus Corona. Antibodi ini akan dibentuk oleh tubuh bila ada paparan virus Corona.

Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Florensius Rony mengatakan pembelian Rapid Test Corona merupakan langkah tepat dan harusnya cepat dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sintang melalui instansi terkait.

“Mudah-mudahan dana realokasi segera terkumpul dan dapat digunakan untuk pembelian Rapid Test Corona,” ujarnya.

Florensius Rony menyampaikan adanya ketersediaan Rapid Test Corona, Pemerintah Kabupaten Sintang melalui instansi terkait dapat segera melakukan pemeriksaan kepada ODP yang memiliki gejala Covid-19 sehingga bisa dilakukan penanganan yang cepat dan tepat.

“Semakin cepat kita mengetahui jumlah yang terjangkit Corona maka semakin cepat juga kita bergerak memutus penyebaran Covid-19 yang saat ini telah menjadi masalah dunia,” katanya.

Seperti diketahui DPRD Kabupaten Sintang mengalihkan anggaran Bimtek sebesar Rp. 858 Juta serta beberapa anggaran lainnya yang memiliki total Rp. 1.1 Miliar untuk penanganan dan pencegahan Covid-19. Hal tersebut dilakukan sesuai Instruksi Presiden Nomor 4 tahun 2020 terkait rasionalisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk penanggulangan Corona Virus Desease atau Covid-19

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Sintang juga telah melakukan pemangkasan anggaran perjalanan dinas dan diklat ASN di setiap OPD sebesar Rp. 5.6 Miliar yang akan diarahkan ke Dinas Kesehatan untuk membiayai pengadaan APD, belanja disinfektan sebesar Rp. 3 Miliar. Sementara Rp. 2.6 Miliar akan dialokasikan ke RSUD Ade M. Djoen Sintang untuk fokus membiayai operasional perawatan pasien Covid-19 dan penyempurnaan ruang isolasi serta ruang isolasi mandiri. (Coe)