Serahkan Bansos Pemprov, Jarot : Jangan Ada Kerumunan

oleh -767 views
Serahkan bansos beras dari Pemprov Kalbar

SINTANG | SintangPost.com – Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat menyalurkan 715.180 kilogram beras kepada masyarakat terdampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang ada di Kabupaten Sintang.

Bupati Sintang, Jarot Winarno mengatakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat diberikan kepada Kabupaten Sintang karena penetapan Kejadian Luar Biasa (KLB) penanganan Covid-19 yang telah diberlakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sintang.

“Ada 35.759 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) yang aka menerima bantuan sosial sosial dari Pemerintah Kabupaten Sintang yang artinya setiap KPM akan mendapat 20 kilogram,” ungkapnya saat launching pendistribusian beras bagi masyarakat tidak mampu di halaman Kantor Camat Sintang, Senin (06/04/2020).

Jarot mengatakan pihaknya telah mengeluarkan Surat Edaran Bupati mengenai biaya pendistribusian bantuan beras tersebut kepada KPM yang ada di Kabupaten Sintang. Yang didalamnya telah ditegaskan tidak ada pemungutan biaya kepada KPM dalam pengambilan bantuan sosial tersebut.

“Pemerintah Provinsi telah menanggung biaya distribusi hingga ke Kecamatan. Nah, untuk penyaluran ke desa-desa maka ditanggung dengan biaya ADD. Dalam Surat Edaran saya sudah ditegaskan, dana desa sebesar Rp. 15 Juta digunakan untuk penanganan Covid-19, “ katanya.

Jarot juga meminta sistem pembagian bantuan sosial tersbeut ditata sebaik mungkin sehingga tidak menimbulkan kerumunan baru yang akan menyebabkan penyebaran Covid-19 bisa meluas.

“Ada petugas yang tentunya dibantu oleh TNI Polri yang akan membantu menyalurkan bantuan tersebut kepada KPM dengan alamat yang terdata. Jadi, jangan ada kerumunan baru,” tegasnya.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sintang, Setina juga menegaskan biayaadministrasi angkutan, bongkar muat dari kecamatan ke desa akan ditanggung oleh ADD masing-masing desa.

“Kita sudah meminta kepada Camat dan Kepala Desa penerima bantuan sosial beras yang warganya terdata sebagai penduduk miskin berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) agar mendukung dalam penyaluran beras ini,” katanya.

Setina mengatakan pihaknya akan selalu mendukung upaya dari Pemerintah dalam upaya pencegahan sebaran dan penanganan akibat terdampak Covid-19.

“Kita akan mendukung sepenuhnya dengan mengerahkan seluruh sumber daya yang ada sehingga penanganan dan pencegahan Covid-19 dapat dilakukan dengan maksimal,” pungkasnya. (Coe)