Tingkatkan Pencegahan Covid-19, Tuah : Perlu Penanda Khusus Untuk ODP

oleh -461 views
Tuah Mangasih

SINTANG | SintangPost.com – Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Tuah Mangasih mengapresiasi masyarakat yang baru saja pulang dari daerah terkonfirmasi positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang telah melaporkan diri ke Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang

“Banyaknya Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang ada di Kabupaten Sintang menunjukkan kesadaran dari masyarakat dalam upaya menjaga Kabupaten Sintang menjadi nyaman karena aman dari Covid-19,” ujar Tuah kepada SintangPost.com, Senin (06/04/2020).

Tuah Mangasih menyampaikan pentingnya ada penanda khusus yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Sintang melalui instansi terkait pencegahan dan penanganan Covid-19 kepada Orang Dalam Pemantauan.

“ODP harusnya melakukan karantina mandiri yang artinya tidak boleh keluar rumah sampai 14 hari. Sampai saat ini, hanya data saja yang kita miliki namun kita tidak mengetahui siapa saja ODP yang ada di Kabupaten Sintang maka saya rasa penanda khusus ODP harus diberikan,” katanya.

Tuah mengatakan penanda khusus ODP tersebut sebaiknya dilakukan dengan tujuan memberikan kesadaran dan kepedulian masyarakat mengenai bahaya penyebaran Covid-19. Tak hanya itu, menurutnya adanya penanda khusus ODP akan memberikan kewaspadaan sendiri bagi masyarakat khususnya yang bekerja pada bidang pelayanan publik baik di instansi Pemerintah maupun di swasta.

“Jika sudah ada penanda khusus kan enak, pelaku usaha juga bisa turut mengantisipasi penyebaran Covid-19 serta semua bisa turut serta berperan dalam memantau aktivitas ODP sehingga secara otomatis membantu pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sintang. Cari penanda yang bisa dipakai dengan nyaman namun tidak mudah hilang, seperti gelang namun harus untuk sekali pakai, jadi jika dilepas itu akan ketahuan,” tuturnya.

Koko, salah satu pemilik warung kopi di Kabupaten Sintang mengungkapkan akan mendukung jika ODP yang terdata diberikan tanda khusus sehingga pihaknya bisa mengantisipasi hal tersebut.

“Saya rasa, dengan adanya tanda khusus, kita bisa berperan aktif membantu pencegahan corona di Kabupaten Sintang karena bisa sama-sama memantau dan meminta kepada ODP untuk tetap di rumah saja,” pungkasnya. (Coe)