Apresiasi Yonif 133/YS Gelar Private Computer, Marko : Ini Bukti Nyata TNI Hadir Untuk Masyarakat

oleh -424 views
Satgas Pamtas Yonif 133/YS gelar private computer (Foto: Satgas Pamtas Yonif 133/YS)

SINTANG | SintangPost.com – Untuk meningkatkan keterampilan masyarakat daerah perbatasan, Satgas Pamtas Yonif 133/ Yudha Sakti menggelar private computer di Pos Kout Satgas Pamtas Yonif 133/YS yang terletak di Desa Senaning, Kecamatan Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang.

Wadan Satgas Pamtas yonif 133/YS, Mayor Infanteri Jaya Sandana Sinulingga mengungkapkan kegiatan private computer ini telah dilakukan sejak awal tahun 2020 dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) generasi muda yang ada di daerah perbatasan.

“Kegiatannya kita mulai saat malam hari, karena di daerah sini, listrik yang ada hanya kita dapat saat malam hari hingga jelang pagi. Hingga saat ini, sudah ada puluhan masyarakat dengan umur produktif yang ikut serta dalam private computer ini,” ucapnya pada SintangPost.com belum lama ini.

Wadan Satgas Pamtas yonif 133/YS menyampaikan target pencapaian private computer ini sendiri adalah pesertanya mampu menggunakan word, excel, dan juga pengeditan video. Dari hasil private computer yang telah dilakukan pihaknya, sudah ada beberapa masyarakat perbatasan yang memperoleh pekerjaan di beberapa perusahaan yang ada di daerah perbatasan ini.

“Dengan kualitas SDM yang baik maka daya saing masyarakat dalam memperoleh kesempatan kerja juga akan sama. Jadi, perusahaan yang ada dapat meminimalisir penggunaan tenaga kerja dari luar namun bisa memberdayakan masyarakat perbatasan. Dengan demikian akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu sendiri,” katanya.

Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Marko mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Satgas Pamtas Yonif 133/Yudha Sakti dalam meningkatkan kualitas SDM pemuda daerah perbatasan. Ia menilai dengan peningkatan kualitas SDM generasi muda di daerah perbatasan juga akan berpengaruh pada

“Saat ini, semua sudah serba digital. Apapun dilakukan dengan menggunakan teknologi. Mau tidak mau, kita harus menghadapi itu. Dan apa yang telah dilakukan oleh Satgas Pamtas Yonif 133/Yudha Sakti ini sebagai upaya memberikan peluang kepada generasi muda perbatasan untuk memperoleh kesempatan yang sama dalam mendapatkan peluang kerja,” tuturnya.

Politisi Partai PDI ini juga mengharapkan dengan peningkatan kualitas SDM yang telah dilakukan oleh Satgas Pamtas Yonif 133/ YS dapat membuka peluang kerja bagi masyarakat perbatasan menjadi lebih terbuka.

“Ini bukti, TNI hadir untuk masyarakat. Jika masyarakat terlebih lagi yang produktif telah dipersiapkan untuk mengikuti kompetensi dalam dunia kerja, maka ini akan membantu mengurangi angka pengangguran. Yang artinya, juga berdampak baik bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (Coe)