Stigma Pelayanan RSUD Terkait Covid-19, Santosa : Jangan Berspekulasi di Media Sosial

oleh -2.605 views
Ketua Komisi A DPRD Sintang Santosa

SINTANG | SintangPost.com – Video yang diduga mengenai salah satu pasien terkonfirmasi positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang pergi dari ruang isolasi mandiri di Rumah Sakit Ade M Djoen, Kamis subuh ini (30/04/2020) membuat sejumlah stigma di masyarakat.

Berbagai pandangan dan dugaan terkait perginya pasien terkonfirmasi 02 yang merupakan seorang pria berumur 30 tahun ini tersebar baik secara lisan maupun tulisan yang beredar di media sosial.

Tak terkecuali mengenai kekurangan pelayanan yang diberikan oleh petugas penanganan Covid-19 Kabupaten Sintang terhadap pasien terkonfirmasi positif.

Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sintang, Santosa sangat menyayangkan adanya stigma yang diberikan masyarakat pada petugas medis maupun pelayanan kesehatan yang ada di RSUD Ade M. Djoen Sintang bahkan mengenai kabar tidak disediakan makanan dengan baik.

“Tadi saya sudah konfirmasi langsung dengan Direktur RSUD Ade M. Djoen Sintang terkait pelayanan yang diberikan pada pasien yang diisolasi mandiri di RSUD Ade M. Djoen Sintang yang kata netijen tidak diberikan makanan yang layak, berita itu tidak benar, mereka sudah melayani dengan sebaik mungkin,” ucapnya pada SintangPost.com saat dikonfirmasi via whatsapp.

Politisi muda PKB meminta kepada masyarakat untuk tidak memberikan dugaan buruk pada pelayan atau petugas penanganan Covid-19 mengingat peran mereka yang cukup besar dalam hal ini.

“Mereka sudah berupaya semaksimal mungkin memberikan pelayanan terbaik pada semua pihak yang saat ini sedang dalam pengawasan. Jadi, jangan sekali-sekali pojokan pelayanan mereka, mereka itu garda terpenting dalam penanganan Covid-19,” katanya.

Jika ada pelayanan yang tidak sesuai, lanjut Santosa, ia meminta agar masyarakat datang untuk melaporkan pada DPRD Kabupaten Sintang sehingga tidak membuat spekulasi tak jelas di media sosial.

“Jangan berspekulasi di media sosial. Jika ada yang tidak terlayani dengan baik, beritahu kami, apalagi kalau cuma masalah makan saja, saya dan rekan-rekan siap akan menyelesaikannya,” pungkasnya. (Coe)