Edyanto Minta Pengawasan di Check Point Diperketat

oleh -505 views
Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Edyanto

SINTANG | SintangPost.com – Kedatangan seseorang ke wilayah Sintang terlebih lagi dari zona merah harusnya wajib diketahui oleh Pemerintah Kabupaten Sintang. Hal itu dilakukan sebagai upaya mencegah penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Sintang.

“Kalau memang yang bersangkutan keberatan untuk mengisi formulir yang disediakan petugas, minimal ada pemeriksaan KTP sehingga jelas yang bersangkutan berasal darimana,” ucapnya, Sabtu (09/05/2020).

Tak hanya itu, lanjut Edyanto jika memang yang bersangkutan ada gejala yaitu batuk, pilek atau demam, maka tim gugus pencegahan Covid-19 diharapkan tidak segera memasukkan orang tersebut sebagai ODP yang artinya harus dalam pemantauan ketat.

“Kita ada posko percepatan penanganan Covid-19 yaitu di Sepulut dan di Simpang Silat. Petugas yang ada harusnya lebih giat melakukan check point. Jadi, jika ada orang yang mau masuk ke Sintang dari daerah zona merah maka harus dilakukan pengecekan dengan seksama,” katanya.

Politisi Partai Gerindra ini mengaku prihatin dengan adanya penurunan jumlah orang yang melapor ke Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang meskipun yang bersangkutan baru pulang dari daerah yang sudah ditetapkan Zona Merah.

“Sangat disayangkan, karena dengan demikian menunjuukan kesadaran masyarakat untuk ambil peran dalam upaya mencegah Covid-19 semakin menurun sehingga akan memberikan dampak juga pada kinerja Pemerintah Kabupaten Sintang,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, dr. Harysinto Linoh membenarkan adanya penurunan jumlah orang yang melaporkan diri meskipun baru saja pulang dari daerah yang sudah ada kasus terkonfirmasi positif Covid-19.

“Yang melapor sekarang sedikit,. Data yang ini merupakan data dari kartu kewaspadaan kesehatan yang harus diisi penumpang bis maupun taxi yang masuk ke Sintang. Mereka banyak takut apalagi jika pulang dari daerah terkonfirmasi dan ada gejala demam maupun flu. Padahal ini penting dilakukan agar kita tidak kecolongan,” pungkasnya. (Coe)