Surati Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Nasional, Jarot Minta Bantuan Alat PCR

oleh -554 views
Press Release Penanganan Covid-19 (Foto : Anwar)

SINTANG | SintangPost.com – Pemerintah Kabupaten Sintang telah menyurati Gugus Tugas Percepatan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) untuk meminta bantuan alat tes swab atau Polymerase Chain Reaction (PCR).

“Dua hari yang lalu, kita sudah surati gugus tugas Covid-19 nasional meminta bantuan alat PCR untuk Kabupaten Sintang,” ujar Bupati Sintang, Jarot Winarno saat menggelar press release di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sintang, Senin (11/05/2020).

Jarot Winarno menyampaikan hingga saat ini Kabupaten Sintang masih menggunakan rapid test bantuan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, donatur, dan swadaya dari Dinas Kesehatan untuk menangani masalah Covid-19.

“Cuma ya itu, kalau hanya menggunakan rapid test tentu belum maksimal. Covid-19 ini dapat dipastikan hanya melalui swab tenggorokan atau PCR,” katanya.

Jarot Winarno mengungkapkan pihaknya berupaya memberikan golden standar dalam penanganan Covid-19 di Kabupaten Sintang dan daerah lainnya mengingat RSUD Ade M. Djoen Sintang saat ini menjadi rumah sakit rujukan penanganan Covid-19.

“Golden standar memang menggunakan PCR. Jadi, kita sama-sama berdoa agar Sintang bisa mendapatkan bantuan alat PCR itu tersebut. Kalau tidak punya alat test kan berarti kita tidak tahu kita harus berperang dengan siapa,” tuturnya.

Pada kesempatan ini, Jarot Winarno juga mengatakan bahwa di Indonesia hanya ada 55 daerah yang sudah memiliki alat tes PCR dan sudah dapat digunakan untuk tes Covid-19, salah satunya berada di laboratorium yang beroperasi di Kalimantan Barat.

“Itu pun belum bisa dilakukan secara konstan setiap harinya karena memang ada berbagai hambatan,” pungkasnya. (Coe).