Santosa : Adanya PCR Membantu Percepatan Penanganan Covid-19

oleh -915 views
Ketua Komisi A DPRD Sintang Santosa

SINTANG | SintangPost.com – Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Santosa mengapresiasi upaya percepatan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sintang salah satunya adalah menyurati gugus tugas penanganan Covid-19 nasional untuk meminta bantuan alat Polymerase Chain Reaction (PCR).

“Ini adalah langkah tepat yang memang harus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sintang. Kita sangat mengapresiasi dan berharap bantuan alat PCR tersebut dapat dipenuhi oleh gugus tugas Covid-19 Nasional,” ujarnya saat dihubungi via telepon selular, Senin (11/05/2020).

Santosa mengatakan jika ada bantuan alat PCR yang diberikan untuk Pemerintah Kabupaten Sintang, maka percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Sintang akan lebih maksimal. Terlebih lagi mengingat RSUD Ade M. Djoen merupakan salah satu rumah sakit rujukan yang ditunjuk untuk membantu penanganan Covid-19.

“Selama ini yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Sintang adalah melakukan rapid test tapi tentu hasilnya belum maksimal karena untuk hasil test pasti adalah dengan menggunakan swab tenggorokan, maka sekali lagi kita berharap bantuan alat PCR tersebut dapat diberikan,” ucapnya.

Selain mempermudah dalam mengetahui hasil Covid-19, lanjut politisi muda dari PKB, adanya alat PCR dapat membuat masyarakat di Kabupaten Sintang khususnya dapat lebih tenang.

“Selama ini kan, kalau tes hasilnya lama sekali didapat, karena harus dilakukan di luar daerah dan tentunya harus menunggu antrian. Adanya alat PCR nanti, dapat membantu percepatan penanangan Covid-19, hasil swab bisa segera didapat dan tentunya membuat masyarakat lebih tidak panik yang akan berpengaruh pada imunitas juga,” pungkasnya. (Coe)