Ketua IBI Sintang: Tak Ada Lagi Bidan Yang Menutup Pelayanan Karena Kekurangan APD

oleh -578 views
IBI Sintang mendapatkan bantuan APD

SINTANG | SintangPost.com – Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Sintang mendapatkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) berupa baju hazmat sebanyak 224 pcs, masker 3000 lembar, face shield 300 buah, sarung tangan 6 box dan sarung sepatu 50 buah. Penyerahan bantuan APD pada IBI dilakukan di Dinas Kesehatan Sintang, Senin kemarin (11/05/2020).

Ketua Ikatan Bidan Indonesia Sintang, Yuli Sri Ayu mengucapkan terimakasih kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang dan seluruh donatur yang telah memberikan bantuan Alat Pelindung Diri baik secara pribadi maupun organisasi kepada IBI Sintang.

“Kami sangat berterimakasih atas bantuan APD yang sangat kami perlukan. Jadi, mekanismenya begini, mereka menghubungi kami bahwa mereka bisa membantu dan kami pun membuat surat resmi tentang bantuan APD yang kami perlukan,” ujarnya, Selasa (12/05/2020).

Yuli Sri Ayu menyampaikan ada dua kali pendistribusian APD yaitu yang pertama dari Dinas Kesehatan dan yang kedua dari para donatur. Bantuan APD tersebut langsung dipacking dan didistribusikan langsung ke 47 bidan praktek mandiri yang ada di Kabupaten Sintang.

“Dalam satu dua hari, bantuan tersebut sudah kami terima. Alhamdulillah, dalam kondisi wabah seperti ini, kami masih bertemu dengan orang baik yang menyegerakan bantuan sehingga saya juga berkomitmen dengan teman pengurus, begitu mendapatkan bantuan APD ini maka langsung dipacking, kita pilah sesuai dengan kebutuhan teman-teman dan segera kami distribusikan,” ucapnya.

Mulai hari ini, lanjut Yuli Sri Ayu, tidak ada lagi bidan praktek yang menutup pelayanan karena kekurangan APD. Meskipun demikian, ia terus meminta kepada bidan yang ada di Kabupaten Sintang untuk tetap menjaga keselamatan diri dalam melaksanakan tugasnya yaitu dengan melakukan upaya antisipasi Covid-19.

“Hingga saat ini ada 47 bidan praktek yang ada di Kabupaten Sintang. Dan mulai hari ini, tidak ada lagi bidan yang menutup pelayanan karena alasan kekurangan APD,” tegasnya.

Yuli Sri Ayu juga mengatakan pihaknya tidak menutup kemungkinan untuk membagikan bantuan APD kepada bidan-bidan yang ada di daerah terpencil jika APD yang didapat sudah cukup.

“Kalau dilihat secara organisasi, bidan yang ada di daerah terpencil ada dibawah Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, tapi jika kami sudah mendapatkan APD yang cukup maka bisa kami bagikan dengan teman bidan yang ada di daerah terpencil,” pungkasnya. (Coe)