Jaringan Internet Masih Belum Merata, Yulius Minta Pertimbangan Khusus Bagi Mahasiswa

oleh -553 views
Yulius

SINTANG | SintangPost.com – Adanya Pandemi Covid-19 ini juga sangat berdampak pada dunia pendidikan yang ada. Tak hanya siswa SD, SMP dan SMA, mahasiswa juga dipaksakan untuk kuliah online dari rumah masing-masing.

Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Yulius meminta agar ada pertimbangan khusus dari pihak terkait mengenai hal ini. Terlebih lagi, tidak semua daerah di Kabupaten Sintang ini memiliki jaringan internet yang baik, yang mampu membuat mahasiswa tersebut mengikuti proses belajar dan bahkan proses ujian dengan sistem online.

“Karena Covid-19, semua disuruh belajar di rumah. Pulang lah mereka ke kampung masing-masing. Tapi pihak kampus mengusahakan perkuliahan dengan sistem online, ini kendalanya. Saya yakin 70 persen mahasiswa di daerah susah signal, jangankan buat kerjakan tugas, buat nelelpon nanya kabar aja susah,” ujarnya kemarin (11/05/2020).

Yulius berharap ada kebaikan dari pihak kampus mengingat kejadian saat ini bukanlah ingin semua orang. Jika terus dipaksakana maka anjuran pemerintah untuk diam di rumah saja akan sulit dilakukan karena mahasiswa yang ada memilih untuk diam di kota karena takut konsekuensi yang didapat jika tidak dapat mengikuti perkuliahan secaea online.

“Saya harap ada pertimbangan khusus untuk mahasiswa. Bagaimana kampus memberikan kelonggaran sehingga mereka bisa mendapatkan nilai yang cukup untuk bisa meneruskan perkulihan ke semester depan,” katanya.

Politisi Partai Hanura ini juga meminta kepada pemerintah untuk memperhatikan aspek ini. Mengingat pandemic Covid-19 ini masih belum diketahui kapan akan berakhir. Dampak yang diakibatkan juga sangat besar pada generasi muda yang harusnya mempersiapkan diri untu masa depan yang lebih baik.

“Jangan lupa, pemerintah juga harus mempersiapkan opsi untuk memperlancar proses belajar mengajar dari rumah untuk mengantisipasi jika pandemic Covid-19 ini berlangsung lebih lama. Namun kita semua terus berdoa, berharap dan berusaha Covid-19 ini dapat segera berlalu,” pungkasnya. (Coe)