Santosa Ajak Masyarakat Kooperatif Lawan Covid-19

oleh -388 views
*istimewa

SINTANG | SintangPost.com – Luas wilayah dan warga yang tidak kooperatif menjadi salah satu kendala percepatan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Santosa saat dihubungi via telepon selular, Sabtu (09/05/2020).

“Kabupaten Sintang ini cukup luas, banyak daerah yang bisa saja jadi akses keluar masuk ke Kabupaten Sintang. Ditambah lagi dengan banyaknya oknum masyarakat yang tidak kooperatif dalam berperan mencegah penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Terlebih lagi di daerah perbatasan, lanjut Santosa, ada banyak warga Kabupaten Sintang atau Warga Negara Indonesia yang baru saja dari zona merah masuk ke wilayah tersebut dan tak sedikit pula yang lepas dari pemantauan petugas setempat.

“Ada warga yang baru saja pulang bekerja dari Malaysia, baik itu warga dari luar provinsi Kalimantan Barat bahkan warga Kalbar sendiri. Terkadang mereka itu tak terpantau dan lepas dari pemeriksaan. Perbatasan kan sangat panjang, sementara petugas kita minim, ini juga yang menjadi polemik tersendiri,” katanya.

Untuk itu, politisi muda dari PKB ini berharap agar masyarakat lebih berperan aktif bersama pemerintah untuk memerangi Covid-19 dengan menjalankan anjuran pemerintah yaitu tidak melakukan mudik, mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas, menjaga jarak sosial, menggunakan masker jika terpaksa harus keluar rumah.

“Jika memang tidak ada kepentingan, di rumah saja lah. Jaga diri demi kenyamanan dan kesehatan orang yang kita sayangi. Covid-19 ini menyerang siapa saja tanpa melihat dia siapa dan apa jabatannya, agama atau status sosialnya. Jadi, mari kita bersama jaga kesehatan diri dan berdoa agar pandemic Covid-19 ini dapat segera berakhir,” pungkasnya. (Coe).