Umumkan Satu Kasus Terbaru Covid-19, Jarot : Masyarakat Jangan Panik

oleh -1.142 views
Bupati Sintang berbincang dengan Camat Sepauk usai peninjauan ruang isolasi mandiri ketat di RSUD Ade M. Djoen Sintang

SINTANG | SintangPost.com – Gugus Tugas Percepatanan Penanganan Corona Virus Corona Disease 2019 (Covid-19) kembali mengumumkan satu warga Sintang yang telah terkonfirmasi Covid-19, Kamis (21/05/2020).

Bupati Sintang, Jarot Winarno yang juga merupakan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menyampaikan pasien terkonfirimasi 06 adalah seorang pria berusia 41 tahun yang merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG) asal Sepauk.

“Hari ini ada penambahan satu kasus konfirmasi positif Corona, seorang pria berusia 41 tahun, asal Kenyauk, Kecamatan Sepauk. Ia satu-satunya warga Sintang yang ikut Itjima Tabligh Akbar Malaysia di Masjid Seri Petaling, Kuala Lumpur,” ucapnya

Jarot Winarno mengungkapkan sebelumnya OTG yang saat ini telah menjadi pasien terkonfirmasi Covid-19 ini telah melakukan pemeriksaan awal pada tanggal 27 April dengan rapid test dan hasilnya reaktif. Pada tanggal 30 April dan 1 Mei dilakukan swab tenggorokan dan dikirim ke Jakarta untuk pemeriksaan Covid-19 dengan menggunakan alat PCR. Setelah 3 minggu yang lalu, hasilnya baru didapat pada hari ini.

“Dengan penambahan satu orang terkonfirmasi, maka ada enam orang warga Sintang yang sudah terkonfirmasi Covid-19. Terkonfirmasi 06 ini merupakan cluster Seri Petaling, Kuala Lumpur. Besok akan kita lakukan pemeriksaan swab ulang dan nanti akan kita kirim kembali ke Jakarta untuk mengetahui hasil pastinya,” katanya.

Jarot Winarno meminta warga Sintang khususnya yang ada di daerah Kecamatan Sepauk untuk tidak panik dengan diumumkannnya penmabahan satu kasus terkonfirmasi Covid-19 ini. Pasalnya, OTG yang saat ini sudah menjadi pasien terkofirmasi 06 ini sudah diisolasi di ruang isolasi mandiri di komplek Gedung Serbaguna sejak tiga pekan lalu.

“Jangan panik, beliau sudah kita isolasi sejak tiga minggu lalu, hari ini juga kita pindahkan ke ruang isolasi mandiri ketat di Ruang Rawat Inap RSUD Rujukan Ade M. Djeon Sintang. Kita juga sudah melakukan rapid test pada enam anggota keluarganya dan hasilnya non reaktif. Tapi nanti akan kita lakukan pemeriksaan total pada warga yang ada di dua RT disana,” tuturnya.

Meskipun demikian, Jarot Winarno meminta kepada masyarakat Kenyauk yang saat ini sudah masuk Zona Merah untuk melakukan ibadah di rumah saja sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19.

“Dengan kondisi yang begini, mari berbesar hatilah. Lakukan lah ibadah di rumah saja. Bantupemerintah untuk bersama memutus rantai penyebaran Covid-19,” pungkasnya. (Coe)