Tingkatkan Pengawasan 4 OTG, Jarot : Mereka Belum Terkonfirmasi Covid-19

oleh -416 views
Bupati Sintang, Jarot Winarno (Foto : Anwar)

SINTANG | SintangPost.com – Tim Gugus Tugas Percepatan Pengananan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kabupaten Sintang menegaskan bahwa tak ada penambahan kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Sintang.

Bupati Sintang, dr. Jarot Winarno mengungkapkan pihaknya hanya melakukan peningkatan isolasi bagi Orang Tanpa Gejala (OTG) yang selama ini sudah melakukan isolasi di rumah dan di ruang isolasi di gedung serbaguna untuk diisolasi di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ade M. Djoen Sintang.

“Sampai saat ini belum ada lagi penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dari masyarakat Kabupaten Sintang,” tegasnya saat press release di Ruang Rawat Inap RSUD Rujukan Ade M. Djeon Sintang, Senin (1/6/2020).

Jarot Winarno yang juga merupakan Ketua Gugus Percepatanan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sintang menyampaikan peningkatan isolasi tersebut dilakukan karena hasil pemeriksaan yang samar.

“Karena hasil pemeriksaan samar antara positif atau tidak, maka kami perlu melakukan konfirmasi pemeriksaan ulang sehingga mereka kami lakukan peningkatan isolasi ke ruang isolasi mandiri untuk mendapatkan perawatan intensif,” tuturnya.

Jarot Winarno menyampaikan ada empat orang yang kita tingkatkan dari isolasi masing-masing di rumah maupun di gedung serbaguna yang sekarang kita pindahkan ke ruang isolasi mandiri RSUD Ade M. Djoen Sintang untuk mendapatkan perawatan

“Yang pertama, OTG 233, seorang pria 55 tahun, warga MT Haryono dari hasil epidimologi kita, nyata pernah kontak dengan pasien terkonfirmasi Covid-19 dan pemeriksaan rapid testnya dia reaktif dan sudah menjalani isolasi mandiri di rumahnya dan kemarin kita tingkatkan isolasi mandirinya di RSUD Ade M. Djoen Sintang. Ingat, dia bukan terkonfirmasi Covid-19,” jelasnya.

Jarot Winarno melanjutkan yang kedua adalah OTG 238, seorang perempuan dengan usia 25 tahun yang merupakan warga Baning. Ketiga adalah OTG 240, seorang perempuan dengan usia 49 tahun, warga Baning. Dan, yang keempat adalah OTG 241, seorang perempuan dengan usia 47 tahun yang merupakan warga dari Jalan Ahmad Yani Sintang.

“Kempat orang ini tidak berkaitan dengan cluster-cluster yang kita telusuri dengan ketat tapi hasil tracing kita, mereka diduga pernah kontak dengan Covid-19. Karena hasil laboratoriumnya masih samar maka kita lakukan peningkatan isolasi mandiri. Sekali lagi, mereka belum terkonfirmasi Covid-19 hanya karena pertimbangan medis maka kami melakukan peningkatan isolasi,” pungkasnya. (Coe)