Turun Langsung Awasi Penyerahan BLT-DD, Ini Pesan Ketua Komisi A DPRD Sintang

oleh -643 views
Ketua Komisi A DPRD Sintang yang memantau langsung penyerahan BLT-DD

SINTANG | SintangPost.com – Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Santosa melakukan pengawasan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap pertama di Desa Melingkat, Kecamatan Kayan Hilir, Kabupaten Sintang, Senin lalu (08/06/2020).

Dalam pengawasan tersebut, Santosa pun turut mendampingi Kepala Desa Melingkat, Jamhirudin untuk menyerahkan langsung BLT-DD terseut ke rumah Legiyem warga yang memang tidak bisa mengambil ke kantor desa karena kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan.

Santosa mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi kinerja dari Kepala Desa Melingkat yang telah berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan bantuan kepada masyarakat secara merata dan tentunya tepat sasaran sehingga dapat membantu kehidupan warga terlebih lagi saat pandemic Covid-19 yang hingga saat ini masih saja belum berakhir.

“Ada banyak bantuan dan memang ada kriterianya. Tadi kita sempat ngobrol juga, semuanya aman, ada pun masalah tapi tidak sampai sekrusial yang kita bayangkan. Semua dapat bagian sesuai kriterianya, tadi juga kita sudah lihat langsung kan,” ujarnya.

Politisi muda dari PKB juga meminta kepada Kepala Desa Melingkat untuk kembali mendata siapa saja warga yang masih belum menerima bantuan. Pasalnya, Covid-19 ini juga memberikan dampak tidak hanya pada segi kesehatan tapi juga segi ekonomi masyarakat.

“Jika masih ada yang belum dapat bantuan, segera data. Nanti saya usahakan agar yang belum, bisa mendapatkan bantuan dari Dinas Sosial,” katanya.

Kepala Desa Melingkat, Jamhirudin menyampaikan pihaknya telah menyalurkan BLT-DD tahap pertama kepada 49 KK yang ada di Desa Melingkat yang sesuai dengan kriteria yang ditentukan.

“Kriteria untuk mendapatkan BLT-DD adalah rumah yang masih berlantai tanah, dinding papan, tidak memiliki toilet,” ucapnya.

Jamhirudin mengaku ada masalah dalam penyaluran berbagai bantuan yang telah diberikan pleh pemerintah baik pusat, provinsi dan kabupaten.

“Masalah sih pasti ada, tapi kita terus berkoordinasi sehingga bisa kita atasi dan tidak menimbulkan masalah yang lainnya,” katanya.

Jamhirudin menegaskan bahwa warga di desa yang ia pimpi sudah menerima bantuan yang diberikan pemerintah sesuai dengan kriteria dan juga data yang ada.

“Semua sudah tercover dengan baik. Masyarakat sangat senang sekali menerima bantuan yang diberikan, untuk BLT-DD ini bantuan diberikan sebesar Rp 600 ribu per KK,” ungkapnya.

Sementara itu, Legiyem, seorang wanita paruh baya yang ada di Desa Melingkat yang mendapatkan BLT-DD mengaku sangat berterimakasih pada pemerintah yang telah memberikan bantuan pada keluarganya.

“Kondisi saya seperti ini, lumpuh sejak puluhan tahun lalu. Hanya bisa mengharapkan anak mantu saja untuk mencari rejeki. Alhamdulillah, dapat bantuan ini, semoga semuanya mendapat berkah,” ujarnya kepada Santosa, Kepala Desa dan juga semua yang turut datang ke kediamannya untuk menyerahkan langsung bantuan tersebut. (Coe)