Pondok Kakek Johar Berdiri Tegak, Ahmaddin : Beliau Pesan Dibangun Sederhana Saja

oleh -1.095 views
Pondok Kakek Johar saat ini sudah siap huni (Foto: Ahmaddin)

SINTANG | SintangPost.com – Kurang dari sehari, gubuk yang tak layak huni Kakek Johar sudah menjadi lebih baik untuk ditempati. Gotong royong warga RT 10 Desa Sungai Labi, Kelurahan Mertiguna, Kecamatan  Sintang, Minggu (05/07/2020).

Ketua RT 10 Desa Sungai Labi, Ahmaddin mengungkapkan warga di daerah yang ia pimpin sepakat untuk membuatkan tempat tinggal yang lebih layak untuk ditempati oleh Kakek Johar.

“Pondok ini kita bangun dengan ukura 3×4 meter, sederhana saja. Soalnya Kakek Johar sudah pesan, minta dibangun lebih sederhana saja,” ucapnya.

Ahmaddin mengatakan sejak melihat kondisi gubuk Kakek Johar sebelumhya, ia bertekad untuk membantu meskipun Kakek Johar bukan merupakan warga dari RT 10 Desa Sungai Labi namun dengan alasan kemanusiaan maka ia yakin hal tersbeut harus dilakukan. Kemudian, jadilah pondok kecil Kakek Johar ini dibangun swadaya masyarakat yang materialnya pun didapat dari bantuan Camat Sintang, Siti Musrikah dan juga beberapa donatur lainnya.

“Saya sudah langsung minta ijin dengan pemilik kebun agar kami bisa membuat pondok keil untuk Kakek Johar tinggal dan Alhamdulillah, diijinkan. Tak hganya itu, keinginan Kakek Johar untuk bisa menoreh disini juga mendapatkan ijin dari pemilik kebun,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, Ahmaddin juga mengucapkan terimakasih pada warga RT 10 Desa Sungai Labi khususnya, Camat Sintang dan berbagai donatur lainnya yang telah bersedia membantu Kakek Johar untuk dapat hidup lebih layak.

“Ada berbagai bantuan baik sembako yang diberikan BNI Sintang dan donatur lainnya serta pakaian yang layak pakai untuk Kakek Johar ini dan juga keikhlasan warga dan peran besar Ibu Siti Musrikah, Camat Sintang. Saya pribadi mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya atas bantuan tersebut,” katanya.

Camat Sintang, Siti Musrikah mengapresiasi solidaritas yang tinggi yang dilakukan oleh warga RT 10 Desa Sungai Labi pada Kakek Johar yang notabenenya bukanlah warga dari RT tersebut. Ia berharap kepedulian masyarakat terhadap sesama terus dipupuk karena hal tersebut adalah budaya baik dari Indonesia yang harusnya dilestarikan dengan baik.

“Saya salut dengan Pak RT 10 Desa Sungai Labi dan warga yang telah membantu, bayangkan kurang dari sehari pondok untuk Kakek Johar dapat berdiri dengan baik. Tentu kita berharap tidak ada Kakek Johar yang lain yang menghabiskan masa tuanya dengan hidup tidak layak. Namun jika adapun, saya harap rasa solidaritas tetap ada sehingga mampu menyelesaikan hal seperti ini dengan baik,” pungkasnya. (Uli)