Satgas Pamtas 642/Kps Dinyatakan Siap Bertugas, Asops Panglima TNI : Jaga Kehormatan Prajurit

oleh -326 views
Asops Panglima TNI Nyatakan Satgas Pamtas Batalyon 642/Kps siap bertugas (Foto: Pendem 121/Abw)

SINTANG | SintangPost.com – Asisten Operasi (Asops) Panglima TNI, Mayjen TNI Tiopan Aritonang menyatakan Satuan Tugas (Satgas) Pengaman Perbatasan (Pamtas) Batalyon 642/Kapuas siap menjalankan perbatasan RI-Malaysia. Hal tersebut diungkapkannya saat melihat dan mengecek langsung kesiapan personil dan materiil Satgas Pamtas Batalyon 642/Kapuas di halaman Mako Yonif 642/Kapuas, Senin (31/08/2020).

“Kita sudah mendapatkan laporan. Kita juga sudah mengecek dan memeriksa langsung kesiapan personil dan juga peralatan pendukung tugas, maka saya mewakili Panglima TNI menyatakan Satgas Pamtas Batalyon 642/Kapuas siap menjaankan tugas menjaga perbatasan RI-Malaysia,” ucapnya.

Asops Panglima TNI meminta agar seluruh Satgas Pamtas Batalyon 642/Kapuas untuk menjaga kehormatan prajurit karena tidak semua prajurit mendapatkan kehormatan untuk menjalankan operasi maka bahagialah kamu diberikan kepercayaan oleh negara.

“Kamu lihat lengan sebelah kananmu, ada lambing bendera merah putih disana. Itu menunjukkan bahwa kamu adalah wakil dari Negara di perbatasan. Ini suatu kehormatan dan kemuliaan kalian bisa mendapatkan tugas ini, saya yakin dan percaya kalian mampu,” katanya.

Asops Panglima TNI juga berpesan pada personil TNI yang hadir untuk terus mendekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Esa dan terus tanamkan nilai nasionalisme terutama pada masyarakat di perbatasan sehingga mereka lebih mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Tugas kalian bukan hanya mencari patok tapi juga membanggakan merah putih. Jalankan operasi dengan penuh kehormatan dan pulanglah dengan kebanggaan. Tak ada keberhasilan tanpa pengorbanan dan tak ada pengorbanan yang sia-sia,” tuturnya.

Danrem 121/Abw, Brigjen TNI Ronny menyatakan Yonif 642/Kapuas yang akan menggantikan 641/Beruang merupakan salah satu Batalyon di bawah jajaran Korem 121/Abw yang dipastikan mampu melaksanakan tugas menjaga perbatasan RI-Malaysia sektor barat, Provinsi Kalimantan Barat.

“Saya sudah menegaskan mereka untuk terus menjaga kehormatan, laksanakan tugas dan amanah yang sudah diembankan dengan baik dan penuh semangat,” pungkasnya. (Uli)