Pangdam XII/Tpr Lepas Satgas Pamtas RI-Mly Batalyon 642/Kps

oleh -462 views

SINTANG | SintangPost.com – Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad memberangkatkan personel Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia Yonif 642/Kapuas di halaman Mayonif 642/Kapuas, Senin (21/09/2020).

Pangdam XII/Tpr mengungkapkan personil Satgas Pamtas RI-Mly sudah dipersiapkan sebaik mungkin dan sudah melalui pemeriksaan berulang kali sehingga dia nilai sudah siap menjalankan amanah yang ia emban di tempat tugas masing-masing.

“Satgas Pamtas RI-Mly Batalyon 642/Kapuas akan bertugas di sektor barat yang nantinya akan disebar sebanyak 29 pos yang menjadi tanggung jawab mereka, yang tersebar di daerah Sambas, Bengkayang, dan Sanggau,” ucapnya.

Pangdam XII/Tpr menyampaikan selain melakukan tugas pokok yaitu menjaga patok, pembinaan teritorial, menanamkan wawasan kebangsaan dan bela negara, Satgas Pamtas RI-Mly juga harus mengantisipasi kerawanan tindak kriminal di daerah perbatasan.

“Mereka juga harus mengatasi dan mengantisipasi kerawanan ilegal mining, ilegal logging, penyeludupan narkoba atau senpi dan beberapa tindak kriminal yang rawan terjadi di perbatasan,” katanya.

Pangdam XII/Tpr juga mengatakan program pengabdian unggulan prajurit perbatasan yang nantinya akan diakomodir langsung oleh Korem 121/Abw.

“Saya berharap semua prajurit dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan menjalankan amanah yang sudah diberikan padanya,” tuturnya.

Salah satu prajurit Satgas Pamtas RI-Mly Batalyon 642/Kapuas, Pratu Ahmad Peri mengaku bangga telah terpilih dan diberikan kepercayaan untuk menjaga wilayah perbatasan RI-Mly.

“Saya bangga, ini adalah pertama kalinya saya menjaga perbatasan. Nantinya, saya akan bertugas di Pos Guntembawang yang ada di Kabupaten Sanggau,” pungkasnya. (Uli)