Kepala Daerah Cuti Pilkada, Florentinus Anum Resmi Pjs Bupati Sintang

oleh -563 views
Gubernur Kalimantan Barat Kukuhkan Pjs Empat Bupati (Foto : Dicky)

SINTANG | SintangPost.com – Florentinus Anum yang merupakan ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat resmi dikukuhkan oleh Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji sebagai Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Sintang bersama tiga PJs Bupati lainnya, yaitu Kabupaten Sambas, Kabupaten Melawi, dan Kabupaten Sekadau, di Balai Petitih, Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Sabtu (26/09/2020).

Pengukuhan Florentinus Anum yang saat ini masih menjabat sebagai Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Kalimantan Barat bersama tiga PJs lainnya dikarenakan Bupati dan Wakil Bupati yang resmi harus menjalankan cuti untuk melaksanakan Kampanye pada Pilkada Serentak tahun 2020.

Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji mengungkapkan dalam SK Mendagri ada enam tugas dan wewenang yang harus dijalankan oleh PJs Bupati yaitu melaksanakan urusan pemerintahan, memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat, memfasilitasi penyelenggaraan Pilkada dan menjaga netralitas ASN, melakukan pembahasan Raperda dan dapat menangani Perda yang telah mendapat persetujuan dari Mendagri, melakukan pengisian pejabat berdasarkan ketentuan yang ada dan bertugas sebagai Ketua Satgas Penanganan Covid-19.

“Jalankan tugas dan amanah sebaik mungkin. Saya tak mau ada Pejabat Sementara yang ucapan mengarah keberpihakan, tugasnya seperti memfasilitasi pilkada. Kita ini berbicara kebutuhan Kalbar maka untuk Pilkada harus netral dan jangan berinteraksi dengan Bupati yang sedang cuti,” katanya.

Selain itu, Gubernur juga memerintahkan kepada PJs Bupati untuk memperhatikan ASN agar tidak terlibat dalam politik praktis dan selalu menjaga netralitas dalam menjalankan tugas dan amanah yang telah diemban.

“Siapkan APBD, baik yang sedang dalam proses perubahaan maupun dalam APBD 2021, sesuaikan dengan rencana pembangunan RPJMD di daerah masing-masing, silahkan berembuk dengan DPRD,” tuturnya.

Pjs. Bupati Sintang, Florentinus Anum mengatakan pihaknya akan berusaha sebaik mungkin untuk menjalankan tugas dan amanah PJs Bupati seperti yang telah ditetapkan dalam SK Mendagri.

“Yang tercantum dalam SK Mendagri adalah hal prioritas yang harus dilaksanakan. Amanah yang harus saya jalankan sebaik mungkin, untuk kepentingan Kabupaten Sintang khususnya. Tentunya kita berharap, Covid-19 dapat ditanggulangi semakin baik, pilkada berjalan sebagaimana mestinya dan yang lainnya dapat berjalan baik,” pungkasnya. (Uli)