Sejumlah Ruko di Pasar Inpres Dilahap Si Jago Merah

oleh -399 views
Ruko Pasar Inpres Terbakar (Foto : Uli)

SINTANG | SintangPost.com – Sejumlah ruko yang terletak di kawasan Pasar Inpres, Jalan Partisipasi, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang dilahap si jago merah, sore ini, Kamis (01/10/2020).

Iwan, salah satu warga Tanjung Puri yang juga bekerja di kawasan Pasar Inpres tersebut mengatakan api mulai terlihat sekitar pukul 16.02 WIB.

“Begitu melihat api, ada warga yang melaporkan langsung ke Damkar. Kami juga berupaya membantu memadamkan cuma alat kan terbatas,” ucapnya.

Kasat Polisi Pamong Praja Kabupaten Sintang, Martin Nandung mengatakan pihaknya mendapatkan informasi dari masyarakat sekitar pukul 16.35 WIB dan langsung melaporkan mendatangi tempat kejadian kebakaran.

“Kendala kita adalah minimnya air tapi kita terus bersinergi untuk mengupayakan ketersediaan air. Informasi sementara, ada 9 atau 10 ruko yang terbakar,” katanya.

Martin Nandung menyampaikan pada peristiwa kebakaran ini pihaknya menurunkan armada dan personil dengan kekuatan penuh yaitu enam armada dan dua water suplay serta ratusan personil baik dari Damkar, BNPB maupun Busera mengingat lokasi ini merupakan daerah pusat perdagangan.

“Bangunan di kawasan sini sudah ada blok yang memudahkan untuk pemadaman. Meski berbatasan dengan BRI, api tidak sempat menjalar ke bangunan tersebut,” tuturnya.

Mengenai kerugian materiil dan penyebab kebakaran, Martin Nandung menyampaikan pihaknya menyerahkan sepenuhnya pada pihak Kepolisian yang berwenang.

“Untuk penyebab dan kerugian nanti kita serahkan pada pihak berwenang, tugas kita saat ini memadamkan dan melakukan pendinginan agar memastikan api tidak kembali menyala,” pungkasnya. (Uli)