Pacu Realisasi Anggaran, Pjs Bupati Sintang Ingatkan Kualitas Pekerjaan Fisik

oleh -402 views
rapat evaluasi dan pengendalian pelaksanaan kegiatan pembangunan Kabupaten Sintang tahun 2020 (Foto : Prokopim)

SINTANG | SintangPost.com – Rendahnya serapan anggaran di setiap instansi masih kerap terjadi setiap tahunnya yang tentunya berdampak pada perekenomian masyarakat.

Pjs Bupati Sintang, Florentinus Anum mengajak setiap instansi untuk fokus menuntaskan persoalan realisasi anggaran mengingat saat ini sudah masuk triwulan keempat dan hanya satu bulan waktu efektif untuk bekerja menyelesaikan kegiatan pembangunan.Edaran dari BPKAD sudah ada jadwal dan batas pengajuan pencairan setiap OPD, di luar itu, BPKAD tidak akan melakukan proses pencairan.

“Jadi silahkan OPD merancang strategi untuk hal ini,” ujarnya saat memipin rapat ebvaluasi dan pengendalian pelaksanaan kegiatan pembangunan Kabupaten Sintang tahun 2020 di Balai Praja Kantor Bupati Sintang, Kamis (08/10/2020).

Florentinus Anum mengatakan belanja pemerintah merupakan salah satu stimulus dalam peningkatan ekonomi masyarakat. Untuk itu, perlu dilakukan dengan baik dan tepat waktu sehingga dapat membantu menggerakkan ekonomi terlebih lagi dengan kondisi Covid-19 seperti ini.

“Kita perlu pemulihan ekonomi dengan memacu realisasi anggaran kegiatan pemerintah. Tapi ingat, jaga kualitas. Analisa apakah secara teknis dan strategi apakah bisa dikerjakan dengan baik, jika tidak mampu, saya sarankan untuk hentikan dan dilanjutkan tahun depan,” katanya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Sintang, Kartiyus mengaku sulit dalam melaksanakan kegiatan APBD tahun 2020 karena adanya pandemi Covid-19 yang memberikan pengaruh pada kehidupan di berbagai lini. Hanya ada 6 OPD yang realisasinya diatas 70 persen, 28 OPD yang realisasi anggarannya mencapai 50-70 persen dan 14 OPD yang realisasi anggaranya dibawah 50 persen

“Dari Januari hingga September ini sudah 8 kali mengalami perubahan, termasuk perubahan penjabaran. Ada kegiatanyang ada, kemudian dihilangkan, kemudian ada lagi, tentu ini membuat kesulitan,” ucapnya. (Uli)