Jaga Kamtibmas, Polres Sintang Gelar Deklarasi Cinta Damai

oleh -718 views
Penandatangan Deklarasi Cinta Damai

SINTANG | SintangPost.com – Polres Sintang menggelar Deklarasi Cinta Damai dalam upaya menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di Istana Al-Mukarammah Sintang, Selasa (20/10/2020).

Kasat Binmas Polres Sintang, AKP Joni Murdianta mengatakan Deklarasi Cinta Damai ini dilakukan sebagai bentuk komitmen dari seluruh elemen masyarakat untuk tetap menjaga situasi kondusif sehingga Kabupaten Sintang tetap menjadi kota yang nyaman dan aman.

“Ada beberapa permasalahan yang menonjol seperti adanya Covid-19, penolakan UU Cipta Kerja dan juga yang tak kalah penting adalah situasi pilkada. Untuk itu, kami dari Polres Sintang mengajak toga, tomas, todat dan perwakilan mahasiswa untuk bersama menjaga Kabupaten Sintang,” ucapnya.

AKP Joni Murdianta mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Sintang untuk menjaga situasi kamtibmas dan tidak lupa untuk menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya meminimalisir terjadinya penyebaran Covid-19.

“Berbeda pendapat itu hal yang wajar tapi ingat, mereka adalah orang hebat dan terpilih. Jangan hanya gara-gara pilihan berbeda lalu kamtibmas di Sintang menjadi terganggu,” katanya.

Pada kesempatan ini, AKP Joni Murdianta mengucapkan terimakasih pada pihak Kesultanan Sintang yang telah menyediakan waktu dan tempat untuk deklarasi Cinta Damai Kabupaten Sintang.

“Kegiatan ini kira gelar di Istana Al-Mukarramah Sintang. Terimakasih atas kebaikan Sultan Sintang yang telah memperbolehkan tempat ini untuk Deklarasi Cinta Damai,” tuturnya.

Sultan Sintang, Pangeran Ratu Prabu Kesuma Negara Raden Barrie Danubrata yang hadir langsung pada Deklarasi tersebut mengucapkan terimakasih atas upaya TNI-Polri dan sejumlah elemen masyarakat yang bersedia menjaga Sintang.

“Saya perwakilan dari Kesultanan Sintang dan seluruh yang hadir mengajak seluruh elemen masyarakat dapat bersama menjaga kamtibmas dan jangan lupa untuk menjaga protokol kesehatan yang ada,” pungkasnya.

Isi Deklarasi Cinta Damai yaitu :

1. Menolak tindak kekerasan dan premanisme yang dilakukan pihak manapun yang bersifat anarkis dan mengganggu kamtibmas di Kabupaten Sintang.

2. Bersama-sama komponen masyarakat lainnya siap menjaga situasi kamtibmas dengan menolak segala bentuk provokasi dan hoax serta memerangi isu sara yang berpotensi memecah belah kerukunan masyarakat di Sintang.

3. Selalu menghargai perbedaan, menjunjung tinggi toleransi serta menolak keras segala bentuk perbuayan anarkis dan intoleran

4. Mendukung upaya TNI-Polri dalam menjaga serta menciptakan situasi keamanan dan ketertiban di Kabupaten Sintang agar tetap aman, tertib dan kondusif.