Satu Pengunjung Warkop Asal Pontianak Terkonfirmasi Positif

oleh -349 views
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 meninjau langsung giat penegakan hukum penerapan protkes (Foto : Prokopim)

SINTANG | SintangPost.com –  Satgas Penanggulangan Covid-19 telah melakukan pemeriksaan terhadap 8 orang pengunjung warkop yang dinyatakan reaktif pada giat penegakan hukum penerapan protkes pada Sabtu malam lalu dengan melakukan swab.

“Ada 8 orang yang reaktif, 3 orang diantaranya berasal dari Pontianak. Setelah semuanya diperiksa, 1 orang dinyatakan positif, dan pasien terkonfirmasi ini memiliki KTP Kubu Raya,” ujar Ketua Satgas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Sintang, Florentinus Anum, Selasa (10/11/2020).

Florentinus Anum yang juga merupakan Pjs Bupati Sintang menyampaikan pihaknya telah melapor dan berkoordinasi langsung degan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya dan Dinas Kesehatan Kota Pontianak untuk mencari pasien terkonfirmasi dan melakukan TTI pada sanak keluarga maupun teman atau siapa saja yang sudah kontak erat dengan pasien terkonfirmasi.

“Usai swab, yang bersangkutan pulang ke Pontianak. Tapi kita sudah berkoordinasi langsung dengan instansi terkait disana perihal pelaku perjalanan yang terkonfirmasi ini. Saya harap pasien terkonfirmasi tersebut dapat mendatangi petugas disana agar segera mendapatkan perawatan,” tuturnya.

Florentinus Anum menegaskan pihaknya akan terus melakukan pemantauan dan menerapkan sanksi bagi masyarakat yang melanggar protokol kesehatan yang sudah ditetapkan. Hal itu dilakukan sebagai upaya membentuk kesadaran masyarakat dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sintang.

“Jangan teledor, ini bukan demi diri sendiri tapi juga demi orang yang kita sayang terlebih lagi bagi mereka yang sudah berusia tua, ini menjadi ancaman tersendiri. Sekali lag, penerapan protkes bukan masalah sukarela, tapi saling menghargai,” pungkasnya. (Uli)