Ikuti Audiensi Virtual WRI, Anum : Program Mereka Baik Untuk Pembangunan Sintang

oleh -838 views
Audiensi virtual WRI dan Pjs Sintang (Foto : Prokopim)

SINTANG | SintangPost.com – World Resources Institute (WRI) Indonesia berencana akan melakukan penelitian dan pengumpulan data untuk mendorong pengintegrasian perenacanaa pembangunan, pendanaan dan perizinan untuk kelestarian daerah. Hal tersebut diungkapkan oleh Sutra Anjani. Program Officer WRI Indonesia saat audiensi secara virtual dengan Pjs Bupati, Sintang, Florentinus Anum, Kamis (22/10/2020).

“Tujuan dari program kami di Sintang adalah mendukung tercapainya visi dan misi Kabupaten Sintang Lestari. Kami ingin mengintegrasikan proses perencanaan pembangunan, pendanaan dan perizinan yang ada. Dan meningkatkan pengertian pemangku kepentingan mengenai hubungan dan dampak dari menyelaraskan proses perencanaan pembangunan, pendanaan dan perizinan” ujar Sutra Anjani.

Sutra Anjani mengatakan pihaknya pihaknya akan bekerja saman dengan Lingkar Temu Kabupaten Lestari dan Conservation Strategy Fund yang mana hasil akhir programnya adalah model dinamika sistem sederhana tentang pengintegrasian perencanaan pembangunan, pendanaan pembangunan dan perizinan di sector berbasis lahan di Sintang.

“Tujuan lainnya adalah penilaian tentang kebutuhan untuk peningkatan kapasitas pemangku, katanya.

Pjs Bupati Sintang, Florentinus Anum menyambut baik adanya rencana kegiatan WRI Indonesia di Kabupaten Sintang. Ia berharap hasil penelitiannya nanti bisa disampaikan sehingga bisa dipelajari dan mungkin bisa dijadikan pedoman dalam menentukan perencanaan.

“Perencanaan merupakan langkah awal untuk menghasilkan pembangunan yang berpihak pada lingkungan. Pemanfaatan sumber daya alam juga harus memperhatikan aspek lingkungan” terang Florentinus Anum.

Florentinus Anum mengatakan jika tujuannya tercapai, tujuannya sangat membantu pemerintah dalam menyeimbangkan antara kepetingan ekonomi dengan pelestarian lingkungan.

“Sintang beruntung dan harusnya bertertimakasih atas program teman-teman yang peduli dengan masalah lingkungan di Kabupaten Sintang,” pungkasnya. (Uli)