Tekan Penyebaran Covid-19, Pjs Bupati Sintang Ingatkan Klaster Keluarga dan Resepsi Pernikahan

oleh -471 views

SINTANG | SintangPost.com – Kabupaten Sintang memasuki Zona Kuning atau daerah yang penyebaran Covid-19 rendah. Hal itu ditandai dengan melandainya kasus terkonfimasi Covid-19 di Kabupaten Sintang.

Pjs Bupati Sintang, Florentius Anum mengatakan meskipun tren kasus terkonfirmasi sudah melandai, bukan berarti semua pihak mengurangi kewaspadaan yang ada dengan tidak menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

“Jangan teledor. Covid-19 ini bisa kita atasi dengan cara disiplin menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan, yaitu cuci tangan dengan sabun di bawar air yang mengalir, menggunakan masker, dan menjaga jarak satu sama lain,” ujarnya.

Florentinus Anum mengungkapkan klaster keluarga dan klaster resepsi pernikahan harus menjadi perhatian khusus. Pasalnya, banyaknya kasus yang terjadi dikarenakan ketidakdisiplinan sejumlah masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

“Yang banyak terjadi saat ini adalah salah satun keluarga pergi ke luar daerah atau menghadiri acara, kemudian tidak memperhatikan keselamatan diri sehingga membuat mereka tertular dan orang sekitarnya juga bisa terkena Covid-19,” katanya.

Untuk itu, Florentinus Anum berharap Satuan Tugas Penanganan Covid-19 di Kabupaten Sintang lebih giat turun ke lapangan untuk mengedukasi masyarakat mengenai penanganan dan antisipasi penyebaran Covid-19. Hal itu harus dilakukan untuk keberlangsungan hidup banyak orang dan perbaikan kehidupan di berbagai lini.

“Kalau bisa ditunda, kalau tidak bisa ya minimal kurangi dan tetap harus menerapkan protokol kesehatan. Ini juga sudah harus melaporkan kepada Satgas Penanganan Covid-19 di Kabupaten Sintang,” pungkasnya. (Uli)