Sekda Sintang Ingatkan CPNS Jaga Netralitas Politik

oleh -666 views
Sekda Sintang berikan pengarahan CPNS (Foto : Prokopim)

SINTANG | SintangPost.com – Meski baru mendapatkan SK CPNS, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah berpesan kepada 238 orang CPNS untuk turut menjaga netralitas dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang digelar serentak pada tanggal 9 Desember mendatang.

“Kalian sudah resmi menjadi CPNS, artinya sudah menjadi abdi negara yang bekerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang. Ingat, jaga netralitas kalian dalam Pilkada yang sudah ada di depan mata ini,” ujarnya saat memberikan pengarahan pada CPNS di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sintang, Rabu lalu (02/12/2020).

Yosepha Hasnah mengatakan CPNS juga mempunyai kewajiban yang sama seperti ASN yaitu menjaga netralitasnya dalam kancah dunia politik sehingga ia berharap tidak ada lagi ditemukan CPNS baik yang secara nyata maupun dunia maya, melakukan kampanye terhadap salah satu paslon yang ada.

“Kalian masih menjadi CPNS belum resmi menjadi ASN karena memang harus melalui masa percobaan dan juga mengikuti berbagai kegiatan, baik pelatihan, diklat dan hal lainnya. Jadi, jika melanggar bisa saja status kalian sebagai CPNS dapat dicabut,” tuturnya.

Di dalam konsiderans PP 37/2004 disebutkan bahwa pegawai negeri sebagai unsur aparatur negara harus netral dari pengaruh semua golongan dan partai politik, tidak diskriminatif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan dilarang menjadi anggota dan/atau pengurus partai politik. Oleh karena itu, pegawai negeri yang menjadi anggota dan/atau pengurus partai politik harus diberhentikan sebagai pegawai negeri, baik dengan hormat atau tidak dengan hormat.

Dalam Pasal 1 angka 1 PP 37/2004 disebutkan bahwa Pegawai Negeri Sipil adalah Calon Pegawai Negeri Sipil dan Pegawai Negeri Sipil sebagaimana dimaksud dalam Undang-undang Nomor 8 Tahun 1974 tentang Pokok-pokok Kepegawaian sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Nomor 43 Tahun 1999. (Uli)