Apresiasi Kinerja Pjs Bupati Sintang, Gubernur Kalbar Berikan Piagam Penghargaan Pada Florentinus Anum

oleh -941 views
Penyerahan Nota Tugas Pjs Bupati Sintang (Foto : Prokopim)

SINTANG | SintangPost.com – Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji memberikan piagam penghargaan kepada empat Penjabat Sementara Bupati karena sudah menjalankan tugas dengan baik, salah satunya adalah Pjs Bupati Sintang, Florentinus Anum.

Sutarmidji menyampaikan keempat Penjabat Sementara Bupati di empat Kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat sudah menjalankan tugas dan amanahnya dengan sangat baik sehingga tata pemerintahan tetap berjalan dengan lancar dan aman meskipun kepala daerahnya sedang cuti karena menjadi peserta kontestasi pada pemilihan kepala daerah.

“Semuanya sudah menjalankan tugasnya secara professional baik dalam penanganan Covid-19, pilkada dan beberapa hal lainnya yang menjadi tugas penting Penjabat Bupati Sintang,” ujarnya saat penyerahan nota pelaksanaan tugas Penjabat Sementara Bupati Sintang yang digelar di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat, Sabtu kemarin (06/12/2020).

Sutarmidji mengucapkan terimakasih kepada keempat Penjabat Sementara Bupati, salah satunya adalah Florentinus Anum yang telah menyelesaikan dan menangangi beberapa hal yang menjadi tugas pokok Pjs Bupati.

“Florentinus Anum yang ditunjuk sebagai Pjs Bupati Sintang berhasil dalam menjalankan tugas, salah satunya adalah menyelesaikan dan mengesahkan APBD 2021 bersama DPRD Kabupaten Sintang sebelum waktu yang telah ditetapkan oleh Kemendagri,” tuturnya.

Florentinus Anum yang merupakan Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikura Provinsi Kalimantan Barat diunjuk sebagai Penjabat Sementara Bupati Sintang berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.61-2885 tahun 2020 karena Bupati dan Wakil Bupati Sintang menjalankan cuti untuk melaksanakan kampanye pada Pilkada Serentak tahun 2020.

Ada enam tugas dan wewenang yang harus dijalankan oleh Penjabat Sementara Bupati Sintang, diatur dalam SK Mendagri yakni pertama melaksanakan urusan pemerintahan, kedua memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat, ketiga memfasilitiasi penyelenggaraan Pilkada dan menjaga netralitas ASN, keempat melakukan pembahasan RAPERDA dan dapat menandatangani Perda yang telah mendapatkan persetujuan tertulis dari Mendagri, kelima melakukan pengisian pejabat berdasarkan ketentuan yang ada, melaksanakan tugas selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19. (Uli)