Sekda Sintang Serahkan DIPA APBN Tahun anggaran 2021

oleh -644 views

SintangPost.com | SINTANG – Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah menghadiri kegiatan penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) APBN tahun anggaran 2021, yang dilaksanakan di Balai Praja, Kantor Bupati Sintang, Senin, (8/12/2020).

Dalam arahannya, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah mengucapkan selamat kepada instansi vertikal dan Satker yang telah menerima DIPA Tahun anggaran 2021 serta menjelaskan bahwa kondisi penerimaan negara APBN terjadi penurunan anggaran transfer ke daerah.

“sebagaimana kita ketahui bersama bahwa APBN tahun 2021 disusun dalam kondisi tekanan dan ketidakpastian yang tinggi akibat pandemi covid-19, ketidakpastian penerimaan negara telah mengakibatkan terjadinya penurunan pendapatan hingga 15,81 persen, diantara penurunan itu, komponen pendapatan asli daerah (PAD) adalah yang paling tertekan. Diperkirakan PAD secara nasional turun 27,73 persen dan secara keseluruhan dari 530 daerah di Indonesia mengalami penurunan Pendapatan hingga 15,81 persen”. jelasnya Yosepha.

Sekda juga menambahkan bahwa untuk meningkatkan anggaran tersebut Kemendagri telah melakukan langkah penanganan, “dalam upaya untuk meningkatkan kualitas perencanaan dan penganggaran, pada tahun 2021, kemendagri telah melakukan reformasi penganggaran, antara lain melalui re-design Sistem Perencanaan Dan Penganggaran yaitu dari sebelumnya menggunakan Sistem Informasi Manajemen Perencanaan, Penganggaran Dan Pelaporan (SIMRAL) beralih menjadi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD).

“kebijakan Pemerintah mengeluarkan peraturan guna memusatkan anggaran terhadap penanganan di empat sektor, yakni sektor kesehatan, sektor pendidikan, sektor jaring pengaman sosial dan sektor pemulihan ekonomi nasional, semua harus sejalan dengan kebijakan Pemerinttah Pusat yang mengatur tentang kebijakan keuangan negara dan stabilitas sistem keuangan untuk penanganan Pandemi Covid-19 dan dalam rangka mengahadapi ancaman yang bisa membahayakan ekonomi nasional dan stabilitas sistem keuangankeuangan serta terus berupaya untuk menyiapkan program pendukung penyelamatan perekonomian di Daerah, dengan menjaga daya beli dan tetap menggerakkan ekonomi rakyat”, ucap Yosepha.

Sekda Sintang menghimbau kepada seluruh Satker di Kabupaten Sintang agar berkomitmen melaksanakan kegiatan tahun 2021 tepat pada waktunya dan organisasi perangkat daerah agar dapat segera mengeksekusi rencana rencana yang sudah ditetapkan sesuai dengan tugas fungsi masing-masing.

“dengan pelaksanan kegiatan dapat dilakukan lebih awal, diharapkan berdampak positif dan memberi daya ungkit pada pertumbuhan ekonomi, khususnya bagi masyarakat di Kabupaten Sintang, hal ini telah menjadi arahan Menkeu bahwa efektivitas APBN termasuk juga dalam hal APBD dalam mengurangi dampak negatif pandemi yang sangat tergantung, kepada pelaksanaannya yang tepat sasaran, tepat waktu dan tepat kualitas”, pungkas Yosepha. (Mauren)