Plh Bupati Sintang Ajak PKK Sukseskan Vaksinasi COVID-19

oleh -497 views
Plh Bupati Sintang Ajak PKK Sukseskan Vaksinasi COVID-19 (Foto : Prokopim)

SINTANG | SintangPost.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang yang juga Pelaksana Harian Bupati Sintang, Yosepha Hasnah mengajak seluruh anggota PKK Kabupaten Sintang untuk menyukseskan pelaksanaan vaksinasi COVID-19.

“Menurut pribadi saya, untuk menekan angka penyebaran COVID-19 setiap orang sesuai dengan kriteria harus menerima vaksin,” ujarnya saat menhadiri serah terima jabatan dan penyerahan memori dari Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten SIbtang masa bakti 2016-2021, Ny. Rosinta Askiman kepada Plh TP PKK Kabupaten Sintang, Yosepa Sepina Biong di Balai Ruai, Jumat (19/02/2021).

Yosepha Hasnah mengatakan dirinya sudah menerima vaksi dosis pertama dan kedua. Untuk efek samping yang dirasakan tidak seperti yang ia bayangkan sebelumnya. Pada hari pertama vaksin dosis pertama ia terima, ia tidak merasakan dampak apapun hanya saja setelah hari keempat, tubuhnya terasa hangat namun tidak ada berdampak lebih.

“Pengalaman saya kemarin saat divaksin, tidak mengalami apa-apa. Biasa saja rasanya. Memang setiap orang beda-beda, ada yang mengalami ngantuk, pegal-pegal atau pusing. Saya tidak mengalami hal tersebut. Bahkan saya sempat curiga, saya benar di vaksin ndak. Saya sampai tanya Kadis Kesehatan. Setelah di vaksin itupun, hari keempat dan kelima yang ada rasa agak hangat di dalam tubuh. Tapi tidak apa-apa. Dan 14 hari setelah menerima vaksin dosis pertama, saya kembali menerima vaksin dosis kedua. Juga tidak mengalami apa-apa,” ceritanya.

Yosepha Hasnah mengatakan untuk mendapatkan vaksin akan ada skrining atau tes kesehatan yang dilakukan sebelumnya seperti cek tensi darah atau hal-hal yang berkaitan dengan dengan dampak saat menerima vaksin tersebut.

“Seminggu sebelum menerima dosis pertama, saya menghindari makan daging, saya hanya konsumsi ikan dan sayur-sayuran yang dimasak sederhana dan banyak minum air putih. Tiga hari sebelum menerima vaksin, saya cek lagi tensi dan yang lain. Saran saya, perbanyak juga istirahat,” katanya.

“Sekali lagi, jangan takut ya untuk di vaksin. Dan sukseskan program vaksin ini di Kabupaten Sintang. Mari kita tetap menerapkan protokol kesehatan, tetap memakai masker, hindari kerumuman dan sering mencuci tangan. Kita wanita ini, lebih sering memegang bagian wajah ketimbang pria. Karena sering membetulkan make up dan sebagainya. Di saat pandemi ini, menurut saya kita perlu mengurangi dandan yang berlebihan karena kita kan memakai masker. Make up nya tidak kelihatan,” pungkasnya. (Coe)