Sudiyanto : Jaga Situasi Kondusif Dengan Ambil Peran

oleh -462 views
Temu Konsultasi Penanganan Konflik Keagamaan (Foto : Prokopim)

SINTANG | SintangPost.com – Situasi kondusif dan nyaman di Kabupaten Sintang bisa terjadi dengan lebih baik jika semua elemen berperan dengan baik. Hal itu diungkapkan oleh, Wakil Bupati Sintang, Sudiyanto saat menghadiri Temu Konsultasi tentang Penanganan Konflik Keagamaan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat yang digelar di Pendopo Rumah Dinas Jabatan Bupati Sintang (Rabu, 24/03/2021).

“Jika kita semua mengambil peran dalam menjaga situasi Kabupaten Sintang agar terus kondusif, tentu saja Sintang akan menjadi tempat yang nyaman dan aman bagi siapapun, baik itu masyarakatnya mapupun investor atau wisatawan,” ucapnya.

Untuk itu, Sudiyanto mengungkapkan pihaknya sangat menyambut baik dengan adanya diskusi serupa untuk menyelesaikan permasalahan yang telah lalu sehingga tidak berlarut.

“Diskusi ini kita lakukan sebagai upaya mencari langkah apa saja yang harus kita siapkan dalam menyelesaikan persoalan yang ada dan mengantisipasi beberapa hal yang ada,” katanya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang, Anuar Akhmad mengatakan kegiatan yang dilakukan ini adalah hal yang sangat bermakna, dimana semua pihak duduk bersama, mencari benang merah dalam setiap permasalahan serta mencari solusi guna menciptakan persatuan kesatuan yang lebih solid lagi.

“Permasalahan agama ini sering kali diseret dan mudah membuat masyarakat terpancing emosi. Oleh karena itu, kegiatan ini dilakukan untuk menyelesaikan dan mencari solusi beberapa masalah terkait agama yang ada di Kabupaten Sintang. Dengan demikian, tidak ada lagi istilah penodaan agama tertentu,” tuturnya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat, Ridwansyah menyampaikan pada masa ini, isu agama sangat kental dilakukan. Oleh karena itu, diharapkan seluruh masyarakat mampu menyikapi persoalan yang ada dengan tidak mengikut sertakan isu agama sehinga kondisi tetap nyaman dan aman bagi siapapun.

“Pentingnya memperkuat moderasi beragama sehingga kita bersikap sesuai dengan ajaran agama yang artinya, kerukunan akan terus terjalin dengan baik,” pungkasnya. (Coe)