Banyak Nakes Terpapar, Jarot Imbau Warga Patuhi 5 M

oleh -275 views
(Foto : Yuli Fitriani)

SINTANG | SintangPost.com – Puluhan tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Sintang yang terpapar memberikan dampak bagi pelayanan dan penanganan COVID-19 di Kabupaten Sintang.

Bupati Sintang, Jarot Winarno mengungkapkan salah satu kendala yang saat ini sedang dihadapi oleh Pemerintah Kabupaten Sintang dalam penanganan COVID-19 adalah tingginya jumlah tenaga kesehatan yang terpapar.

“Mereka adalah pahlawan kita. Akan tetapi, mereka juga manusia biasa yang bisa saja lelah dan letih terlebih lagi ketika kesejahteraan mereka terkendala. Ini menjadi problem bagi kita,” katanya.

Jarot Winarno menyampaikan banyaknya kasus terkonfirmasi COVID-19 ditambah lagi dengan berbagai pasien yang mengalami penyakit lainnya, tentunya membuat tenaga kesehatan lelah, terlebih mereka adalah garda terdepan kita pada bidang kesehatan. Oleh karena itu, ia mengajak seluruh masyarakat dapat membantu meringankan kerja tenaga kesehatan yang ada dengan terus menerapkan protokol kesehatan yang telah dianjurkan.

“Jika hanya mereka yang berperan aktif, tapi masyarakatnya abai dengan kondisi kesehatan diri, masih saja keluyuran dan tidak menggunakan masker atau menerapkan protokol kesehatan dengan baik, maka keadaan akan seperti ini terus,” tuturnya.

Seperti yang kita ketahui, dalam sebulan terakhir ini, ada 68 tenaga kesehatan yang terkonfirmasi COVID-19. Hal itu diiringi dengan lonjakan dari jumlah pasien yang terpapar juga cukup signifikan. Untuk itu, perlu penanganan lebih ketat dan tegas bagi siapa saja yang melanggar protokol kesehatan.

Demi menanggulangi permasalahan tersebut, masyarakat diminta untuk mematuhi dengan sangat 5 M yaitu mengurangi mobilitas ; jika memang tidak terlalu penting jangan bepergian terlebih lagi ke luar kota, menjauhi kerumunan, menggunakan masker, mencuci tangan dengan menggunakan sabun di bawah air yang mengalir serta menjaga jarak satu dengan yang lain. (Coe)