Tingkatkan Rasa Cinta Tanah Air, Babinsa 1205-15/Sokan Berikan Materi Belneg di SMAN 01 Sokan

oleh -364 views
Babinsa 1205-15/Stg berikan materi BelNeg pada Siswa SMA Negeri 01 Sintang (Pendim 1205/Sintang)

SINTANG |SintangPost.com – Untuk menumbuhkan nasionalisme dan cinta tanah air, Kodim 1205-15/Sokan memberikan materi tentang Bela Negara kepada siswa SMA Negeri 01 Sokan, Kecamatan Sokan, Kabupaten Melawi, Kamis (27/05/2021).

Babinsa 1205-15/Sokan, Sertu Hasibuan mengatakan Sekolah Menengah Atas adalah jenjang pendidikan yang strategis dalam membentuk dasar-dasar mental dan perilaku generasi muda bangsa.

“Kita memberikan wawasan kebangsaan juga melihat umur sehingga level ilmu yang diberikan juga berbeda-beda. Untuk SMA kita sudah memberikan materi Peraturan Baris Berbaris (PBB), Penghormatan, Pancasila dan UUD 1945,” ucapnya.

Sertu Hasibuan mengungkapkan saat ini masih ada warga diusia produktif yang tidak hafal Pancasila, UUD 1945 serta Kebhinekaan. Untuk itu, Kodim 1205-15/Sintang ingin turut serta bersama kembali meningkatkan wawasan kebangsaan dengan cara memberikan materi dan mengajak siswa SMA Negeri 01 Sokan khususnya.

“Ada yang saat mendaftar menjadi prajurit, masih saja tidak hafal Pancasila bahkan menyanyikan lagu Garuda Pancasila saja tidak bisa. Ini sangat memprihatinka,” katanya.

Pada kesempatan ini, Sertu Hasibuan mengucapkan terimakasih kepada SMA Negeri 01 Sokan yang telah bersedia memberikan ruang dan waktu pada pihaknya untuk menyampaikan wawasan kebangsaan dalam upaya meningkatkan rasa cinta pada tanah air melalui bela negara.

“Saya harap ini bukan hanya sekedar materi belaka, namun bisa dipraktekkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jika rasa nasionalisme sudah tumbuh dengan baik, maka rasa ingin turut serta dalam bela negara akan berkembang dengan sendirinya,” pungkasnya. (Pendim1205Stg/Coe)