Terendam Banjir, Warga Nyangkom Berjibaku Selamatkan Ternak

oleh -553 views

SintangPost.com | SINTANG – Hujan deras yang mengguyur sejumlah daerah di Kabupaten Sintang mengakibatkan 60 rumah warga di Desa Nyangkom, Kecamatan Kayan Hilir, Kabupaten Sintang terendam banjir.

Kepala Dusun Nyangkom, Paskalis Adi mengungkapkan hujan deras kali membuat debit air naik drastis hingga 200 cm sehingga merendam 60 rumah warga di dusun tersebut, terlenih lagi warga yang tinggal tak jauh dari bantaran sungai.

“Daerah kami ini terletak di pinggir sungai Inggae jadi kalau masalah banjir kami selalu merasakannya. Hanya saja, kali ini cukup paeah, dalam dua hari naiknya sudah separah ini,” ujarnya pada SintangPost.com, Jumat (16/07/2021).

Paskalis Adi mengatakan dieinya menyadari bahwa air sudah masuk ke dalam rumah sekitar tengah malam dan langsung menyelematkan beberapa barang berharga agar aman dari genangan air.

“Pagi ini, warga disini berjibaku mengamankan barang serta ternak miliki warga ke SD yang kebetulan letaknya lebih tinggi,” tuturnya.

Paskalis Adi menyampaikan sejauh ini belum ada uluran tangan terkait banjir yang melanda di Desa Nyangkom. Untuk itu, ia berharap ada bantuan dari pemerintah dan pihak lainnya kepada warga di Desa Nyangkom.

“Banyak kerugian yang diderita, warga tak hanya kehilangan atau kerusakan barang namun juga hewan ternaknya ada yang hanyut karna derasnya arus saat ini. Semoga saja ada perhatian untuk kami dari pemerintah dan dermawan lainnya,” katanya.

Pada kesempatan inj, Paskalis Adi juga mengimbau keoada masyarakat untuk terus waspada, siaga dan menjaga kesehatannya trrlenih lagi pandemi Covid-19 masih saja belum teratasi.

“Kita berharap keadaan semakin aman, semua diberikan kesehatan dan tak kurang satu apapun,” pungkasnya.

Penulis : Pardi
Editor : Uli