Jaga TRUST Masyarakat, Ani Sarankan Ada Sertifikat Bebas Virus ASF

oleh -553 views
Sosialisasi Penanggulangan Virus ASF. (Foto : Humas)

SINTANG | SintangPost.com – Adanya Wabah African Swine Fever (ASF) yang melanda sejumlah daerah di Indonesia tentunya menjadi perhatian bagi semua pihak terlebih lagi bagi para peternak dan juga pedagang.

African Swine Fever (ASF) adalah penyakit pada babi yang sangat menular dan dapat menyebabkan kematian pada babi hingga 100 % sehingga mengakibatkan kerugian ekonomi yang sangat besar. Virus ASF sangat tahan hidup di lingkungan serta relatif lebih tahan terhadap disinfektan.

Meskipun demikian, ketakutan mengenai wabah virus ASF ini juga dirasakan oleh masyarakat terutama bagi mereka yang mengkonsumsi daging babi.

Ani, salah satu peternak babi di Kabupaten Sintang menyarankan agar pemerintah memberikan pemeriksanaan dan sertfikat bebas virus kepada peternakan yang tidak terindikasi adanya virus ASF.

“Untuk menjaga pasar, salah satu caranya adalah memberikan sertifikat bebas virus. Dengan begitu, kepercayaan masyarakat terhadap dampak kesehatan yang buruk jika mengkonsumsi daging babi juga dapat diminimalisir,” jelasnya. (Coe)