Cek Personil dan Materiil, Pangdam XII/Tpr Nyatakan Satgas Pamtas RI-MLY Batalyon 642/Kps Siap Bertugas

SINTANG | SintangPost.com - Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad memimpin langsung Apel Gelar Pasukan Pemeriksaan Kesiapan Operasi Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-Malaysia, prajurit Batalyon Infanteri 642/Kapuas di bawah Kodam XII/Tpr yang digelar di halaman Batalyon 642/Kapuas yang terletak di Jalan MT Haryono Sintang km. 4, Sabtu (15/08/2020).

Pangdam XII/Tpr mengatakan ada 450 prajurit Satgas Pamtas RI-Malaysia dari Batalyon 642/Kapuas yang akan dikirim ke 29 pos Pamtas di sektor barat daerah perbatasan Kalimantan Barat.

"Operasi di wilayah NKRI di perbatasan sektor barat meliputi tiga kabupaten yaitu Kabupaten Sanggau, Bengkayang dan Sambas," ujarnya.

Pangdam XII/Tpr memastikan kesiapan operasi dengan mendengar langsung paparan dari masing-masing unit seperti unit komunikasi, penerangan, alutsista, kesehatan, topografi dan sejumlah unit lainnya.

"Dari hasil gelar, dilihat mereka sudah memahami dan menguasai tugas dengan jabatan masing-masing. Maka saya nyatakan mereka siap untuk melaksanakan operasi Pamtas," ucapnya.

Mengenai keberangkatan Satgas Pamtas RI-Malaysia prajurit Batalyon Infanteri 642/Kapuas, Pangdam XII/Tpr mengatakan menunggu tahapan berikutnya baik dari Mabes AD maupun dari Mabes TNI.

"Insya Allah, bulan September mendatang prajurit Satgas Pamtas Batalyon 642/Kapuas akan melaksanakan tugas selama 9 bulan menggantikan Batalyon 641/Beruang," pungkasnya. (Uli)