Hadir di MTQ ke-XXIX, Ini Harapan Kakanwil Kemenag Kalbar

Kakanwil Kemenag Kalbar. (Foto : Prokopim Sintang)

SINTANG | SintangPost.com – Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) merupakan salah satu momentum yang memotivasi generasi muda untuk mengembangkan keimanan dan meningkatkan kemahirannya dalam membaca, menulis, memahami dan kemudian mengamalkannya. Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat, Syahrul Yadi saat pembukaan MTQ ke-XXIX yang digelar di Stadion Baning Sintang, (11/12/2021).

“MTQ bukan lagi menjadi ajang seremonial namun bagaimana hal tersebut memotivasi kita semua untuk menjadi lebih baik dalam versi yang sudah tercantum dalam Kitabullah tersebut,” ujarnya.

Syahrul Hadi mengungkapkan MTQ ini sendiri bertujuan untuk menyenangkan dan menenangkan siapa pun dengan Al-Qur’an baik itu dengan merdunya lantunan, indahnya tulisan, maupun layaknya pemahaman sehingga semua dapat berjalan dengan baik.

“Sikap kita kepada Al-Qur’an adalah menjadikan Al-Qur’an sebagai gaya hidup, jalan hidup dan kebutuhan hidup kita agar kita selamat di bumi dan di akhirat dan Allah tersenyum melihat sepak terjang kita,” katanya.

Pada kesempatan ini, Syahrul Hadi juga tak lupa mengingatkan agar umat muslim untuk berlomba membaca, memahami dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari dalam rangka menyelamatkan kehidupan dunia dan akhirat.

“Al-Quran menjadi bagian hidup dengan membaca Al-Quran, mengembangkan dan menerapkan Al-Quran. Dalam keluarga sebaiknya tidak pernah sepi dari bacaan Al-Quran. Dalam rumah tangga, Al-Quran selalu dibaca,” pungkasnya. (Uli)