Ronny Apresiasi Film Dokumenter Garapan Disdikbud Sintang

Florensius Ronny

SINTANG |SintangPost.com– Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang Florensius Ronny mengapresiasi kegiatan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang yang membuat film dokumenter menggambarkan alat musik tradisional “Kledik” belum lama ini.

Ronny mengatakan kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang ini adalah hal yang harusnya dilakukan agar masyarakat khususnya generasi muda di Bumi Senentang ini dapat mengenal, memahami, dan mencintai alat musik tradisional tersebut.

“Ini adalah upaya melesterikan budaya dan harusnya ini menjadi tugas kita semua untuk melakukan agar budaya kita terus lestari dan tidak ada lagi negara lain yang mengklaim bahwa itu budaya mereka,” ucapnya.

Politisi Nasdemn ini berharap bahwa akan ada film dokumenter mengenai budaya dan tradisi dari Bumi Senentang sehingga hal tersebut dapat menumbuhkan kecintaan generasi muda pada Bangsa Indonesia secara khusus kabupaten Sintang.

“Semoga film dokumenter ini memberikan pesan dan motivasi kepada semua pihak untuk terus menjaga dan berkarya sehingga beragam budaya kita di Sintang ini terus dilestarikan,” tuturnya.

Terpisah Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang, Susana Raguniaty menyampaikan film dokumenter alat musik tradisional “Kledik” ini diambil berdasarkan naskah yang telah tersusun berdasarkan hasil seminar dan melibatkan perwakilan dari berbagai unsur terkait, Film ini dikirim ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

“Selama COVID-19, kita tidak bisa mengadakan pertunjukkan sehingga pada tahun 2021 kita membuat film dokumenter alat musik Kledik dan mengirimkannya ke Pusat untuk tayang di tingkat nasional,” katanya.

Susana Raguniaty menyampaikan pada tahun ini, pihaknya juga membuat film dokumenter yang nantinya akan ditayangkan di Youtube Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang sehingga masyarakat dapat menikmati dan menontonnya dengan baik.

“Kita tentu berharap budaya Bumi Senentang ini terus terjaga dan dijaga kelestariannya,terutama pada generasi muda saat ini,” pungkasnya.