60 Pelajar Ikut Seleksi Fakultas Kedokteran Untan

Seleksi Calon Dokter Di Balai Praja Sintang

SINTANG | Sintangpost.com- Sebanyak 60 pelajar di Kabupaten Sintang berlomba-lomba untuk mendapatkan nilai terbaik dan lulus untuk menjadi mahasiswa di Fakultas Kedokteran Universitas Tanjung Pura Pontianak, Kamis (30/3).

Pelaksanaan tes dilaksanakan di di Balai Praja. Sebanyak 60 pelajar dari 14 SMU di Bumi Senentang mengikuti tes seleksi Jalur Ikatan Dinas Tahun 2017 yang dilaksanakan Fakultas Kedokteran Untan.

Dosen Prodi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Untan Pontianak sekaligus anggota tim seleksi kali ini, Agus Fitriangga menyampaikan motivasinya kepada para peserta.

“Kami sangat senang atas besarnya minat siswa-siswa di Kabupaten Sintang ini, selamat berjuang dan sampai berjumpa lagi di Kampus bagi yang lulus seleksi, “ ujarnya.

Agus mengharapkan, para pelajar yang ikut dalam tes kali ini mampu mengerjakan materi soal yang sudah disiapkan.

“Saya harapkan begitu. Mereka bisa melalui tahapan tes yang diberikan. Dan apabila lulus nantinya, bisa mengukuti terus mata kuliah, baik akademik dan kemahasiswaan,”katanya lagi.

Kepala Bagian Kesra Sekretaris Daerah Sintang, Mislan selaku ketua panitia seleksi yang menyampaikan bahwa peserta seleksi berasal dari semua SMU yang ada di Kabupaten Sintang.

“Seluruh SMU sudah kami beritahukan mengenai pembukaan seleksi ini, kali ini bahkan ada dari Kecamatan Ketungau Tengah, Sepauk, dan SMU yang ada di dalam kota,” terang Mislan.

Peserta yang mengikuti seleksi ini, sebanyak 60 orang berasal dari 14 SMU. “Beberapa sekolah memang ada yang tidak mempunyai jurusan IPA sehingga tidak mengirimkan peserta,” terang Mislan lagi.

Sementara itu Wakil bupati Sintang Askiman mengatakan seleksi calon mahasiswa kedokteran merupakan program kebijakan Pemda Sintang untuk melakukan pemberian beasiswa dalam bentuk tugas belajar bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Tanjung Pura Pontianak.

Askiman menyampaikan persoalan mengenai kurangnya tenaga dokter di Kabuapten Sintang merupakan langkah strategis pihaknya untuk menjawab kekurangan tenaga kesehatan di Bumi Senentang ini.

“Melalui program beasiswa dengan ikatan dinas ini, kita berharap secara bertahap tenaga kesehatan kita di Kabupaten Sintang ini, khususnya dokter akan segera tercukupi. Untuk tahun ini kita hanya bisa menerima 3 orang karena kerjasama ini kita lakukan setiap tahun dan hasilnya murni di tetapkan oleh tim seleksi dari Untan” kata Askiman.

Askina berharap siswa yang lulus berasal dari kecamatan-kecamatan jauh. Supaya nantinya bila sudah selesai kuliah mereka kita bisa langsung tempatkan di daerahnya masing-masing, untuk bisa mengabdi dilingkungannya sendiri, dan ndak minta pindah-pindah,”tutupnya (evy)