Dinsos Sintang Ajak Masyarakat Peduli ODGJ

(Ist)

SINTANG | SintangPost.com – Dinas Sosial Kabupaten Sintang gencar melaksanakan sosialisasi mengenai pentingnya penanganan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kabupaten Sintang.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sintang, Setina mengungkapkan bahwa pihaknya telah mencatat sedikitnya 996 masyarakat di Kabupaten Sintang yang merupakan penderita ODGJ.

“Sebagian besar mereka adalah ODGJ berat yang perlu penanganan khusus dan meminum obat seumur hidupnya,” ucapnya.

Setina menyampaikan ada banyak ODGJ yang sudah menjalani pengobatan namun kembali kambuh karena lingkungan sekitar tidak mengerti bagaimana harus memperlakukan mereka ketika penderita kembali ke lingkungan masyarakat.

“Hal yang terpenting dalam penanganan ODGJ adalah memberikan mereka peran dalam kehidupan dengan cara memanusiakan mereka,” ujarnya.

Melihat situasi tersebut, Setina mengyampaikan pihaknyan gencar melaksanakan sosialisasi tentang pentingnya penanganan ODGJ agar penderita gangguan jiwa tetap bisa berkontribusi untuk orang di sekitarnya atau setidaknya untuk dirinya sendiri.

“Keluarganya juga memberikan perhatian dan kasih sayang, karena kunci supaya mereka bisa sehat kembali ada di keluarga dan lingkungan masyarakat sekitar,” katanya.

Setina menegaskan peran keluarga dari penderita gangguan jiwa sangat penting agar penderita dapat kembali ke lingkungan masyarakat dengan baik dan tidak membuat resah serta berguna bagi sekitarnya. Ia meyakinkan ODGJ yang telah mendapatkan pengobatan memiliki kemampuan melakukan hal yang sama dengan yang dilakukan orang-orang pada umumnya.

“Mereka adalah manusia yang jelas punya perasaan. Bahkan ada yang sembuh dan ternyata mereka punya jiwa kemanusiaan yang lebih tinggi dan perhatian kepada temannya yang belum sembuh,” pungkasnya.