Tanggapi Keluhan Kanopi, Ini Solusi Dari Wabup Sintang

Melkianus saat memimpin Rapat Sinkronisasi Perencanaan Kawasan Pasar Sungai Durian di Aula Bappeda Kabupaten Sintang pada Jumat, 11 November 2022.

SINTANGPOST | SINTANG – Sejumlah pengusaha di Kawasan Sungai Durian termasuk di daerah Waterfront Pasar Sungai Durian mengeluhkan adanya rencana pembongkaran seluruh kanopi milik rumah toko warga. Tak hanya mengeluhkan secara lisan, sejumlah pengusaha juga sudah mengirimkan surat resmi kepada Pemerintah Kabupaten Sintang mengenai dampak pembangunan waterfront pada perekonomian.

Wakil Bupati Sintang, Melkianus menyampaikan ada 7 isi aspirasi warga pemilik rumah toko yang ada di Sungai Durian yang tercantum di surat resmi tersebut salah satunya adalah soal kanopi ruko. Menanggapi hal tersebut, dirinya mengaku telah meminta kepada OPD Teknis untuk survey ke lapangan mempelajari hal tersebut.

“Ada beberapa alasan penting, hingga diputuskan Pemkab akan desain kanopi yang indah, rapi, minimalis dan tanpa tiang. Jadi, kanopi yang ada memang harus dibongkar serta dibangun ulang sesuai dengan gambar yang disiapkan hingga nanti semua kanopi sama bentuknya,” ucapnya.

Untuk memperindah, lanjut Melkianus, dirinya meminta agar desain kanopi berbeda antar jalur, menyesuaikan kondisi jalan dan jarak antara ruko dan jalur pendestrian, hingga antar jalur memiliki bentuk kanopi yang berbeda. Kanopi yang dibangun juga harus dari bahan yang bagus dan berkualitas, tidak dari kayu dan seng bekas. Bentuknya wajib mengikuti desain yang dibuat.

“Kalau dilihat desainnya tentu ini sangat indah. Ini akan dinikmati banyak orang termasuk pengusaha disana, hanya saja ini belum dipahami oleh warga atau pelaku usaha disana,” pungkasnya.