Bansos Harus Disalurkan Tepat Sasaran

Pemkab Sintang Menggelar Bimbingan Teknis (bimtek) Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban Keuangan bagi Penerima Hibah dan Bantuan sosial (bansos) di Balai Praja

SINTANG | Sintangpost.com- Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah,Henri Harahap mewakili Bupati Sintang, dr. Jarot Winarno, M.Med.Ph membuka kegiatan bimbingan teknis penyusunan laporan pertanggujawaban keuangan bagi penerima hibah dan bantuan sosial kemasyarakatan yang bersumber dari APBD Kabupaten Sintang di Balai Praja Kompleks Kantor Bupati Sintang, Rabu (26/07/2017).

Pada kesempatan ini Henri menyampaikan araha Bupati Sintang kepada para penerima hibah dan bansos.” Ada berapa materi yang akan disampaikan oleh bidang Kesra dan BPKAD termasuk mengeai mekanisme penerimaan dan pertanggungjawaban bagi masyarakat yang menjadi penerima dana bantuan,” terang Hendri.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Sintang Mislan menegaskan dana hibah dan bansos harus dikelola baik dan benar termasuk proses administrasinya. “Harus tertib administrasi. Kelola dana bansos dan hibah dengan baik dan benar,” ungkapnya.

Mislan menambahkan dana hibah dan bansos dianggarkan di Badan Pengelola Keuangan dan Anggaran Daerah (BPKAD). Bagian Kesra bertugas menerima dan mengelola berkas agar lengkap saat pencairan. Di tahun 2017, penerima hibah lebih dari 200 penerima.

“Para penerima dana hibah berhak atas dana mulai dari Rp 5 juta per organisasi. Organisasi dan komunitas penerima hibah berasal dari berbagai macam bidang, keagamaan, kepemudaan, budaya serta beberapa bidang lainnya,” terangnya.

Kepala Sub Bagian Kesejahteraan Masyarakat Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Banan menyampaikan kriteria organisasi dan komunitas yang bisa mendapatkan dana hibah dan bantuan sosial kemasyarakatan.

“Penerima hibah harus memenuhi berabgai persyaratan, antara lain mereka harus memiliki kepengurusan yang jelas bukan panitia. Beberapa syarat lain, memiliki status hukum yang jelas, ada rekomendasi dari kades/camat. “kemudian proposal pengajuan dan ditanggapi dengan proposal pencairan dana oleh bagian Kesra,” jelas Banan. (okt)