Bupati Sintang Lantik 365 Pejabat Eselon IV

SINTANG | Sintangpost.com- pengukuhan dan pelantikan serta pengucapan sumpah/janji bagi pejabat struktural eselon iv di lingkungan pemda sintang, rabu (1/2) di Gedung Pancasila Sintang.

Pengukuhan dan pelantikan pejabat eselon IV di lingkungan pemerintah kabupaten sintang merupakan tindaklanjut respon terhadap keberadaan peraturan pemerintah nomor 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah.

“Formasi jabatan yang dilantik pada hari ini, yaitu 356 pejabat eselon iv dan 9 pejabat di unit pelaksana teknis. pelantikan ini juga sebagai wujud konsolidasi internal kita mencapai visi, misi dan prime mover pembangunan kabupaten sintang periode 2016-2021,”kata Bupati dalam sambutannya.

Dikatakannya ada 6 penggerak utama atau prime mover pembangunan, yaitu membangun kabupaten sintang dari pinggiran, penataan dan pemekaran wilayah, hilirisasi produk, aksesibilitas terhadap sumber daya listrik, kegawatdaruratan infrastruktur serta tata kelola pemerintahan yang baik & bersih.

 “Posisi pejabat eselon IV merupakan ujung tombak penentu keberhasilan implementasikan 6 prime mover pembangungan daerah.  maka dari itu, sosok pejabat eselon IV yang memiliki syarat kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, kesesuaian jabatan dan latar belakang pendidikan, rekam jejak jabatan dan integritas pribadi menjadi syarat yang utama,”lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut bupati mengatakan bahwa sebagai pejabat harus memahami tugas pokok dan fungsi, menguasai aturan yang mendukung pelaksanaan tugas pokok dan fungsi serta memiliki loyalitas pada pimpinan.

“Terjemahkan kebijakan pimpinan, jangan selalu menunggu perintah, apalagi mengabaikan tanggungjawab.  dibutuhkan sentuhan kreatifitas dan teroboan yang produktif, sehingga mengantarkan saudara-saudari bekerja optimal pada jabatan yang disandang,”katanya.

Merespon perkembangan zaman, kata bupati setiap pejabat eselon IV dituntut mampu menguasai teknologi informasi agar terjadi peningkatan kapasitas pemerintahan daerah, menguatnya akses masyarakat terhadap kebijakan serta optimalnya pelayanan publik.

“Oleh karenanya, saya minta seluruh pejabat eselon IV disetiap SKPD,  harus melek teknologi informasi sehingga bisa memanfaatkanya untuk mendukung kinerja jabatan yang dimiliki,”jelasnya.

Sebagai pelaksana di tingkat unit kerja sambung bupati, kepada pejabat harus mampu menyusun dan menerapkan indikator kinerja utama, yang dimulai dari tingkat indikator hasil atau outcomes, dilanjutkan pada indikator manfaat atau benefits, hingga di level indikator dampak atau impacts.

“Semua indikator ini harus rinci, spesifik, terukur serta selaras dengan indikator kinerja SKPD dan daerah. dengan demikian saudara-saudari memiliki pedoman dalam bekerja dan mengetahui tingkat pencapaian kinerja pada unit kerja dan SKPD masing-masing,”tukasnya.(slh)