Desa Pagal Baru Wakili Sintang Ke Tingkat Propinsi

Hotler Panjaitan

SINTANG | Sintangpost.com- Prestasi yang cukup membanggakan ditorehkan oleh Desa Pagal Baru Kecamatan Tempunak yang berhasil mewakili Kabupaten Sintang dalam lomba Desa Tahun 2017 ke tingkat Propinsi Kalbar.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Kabupaten Sintang H Hotler Panjaitan mengatakan, untuk Lomba Desa Tingkat Propinsi Tahun 2017 ini masih sama dengan tahun lalu.

“Untuk tahun 2017 selain desa Pagal Baru Kelurahan Kapuas Kanan Hulu Kecamatan Sintang mewakili Kabupaten Sintang masuk tingkat Propinsi Kalbar,”kata H Hotler Panjaitan.

Disebutkan Hotler, Desa Pagal Baru telah memperoleh penilaian dari tim Kabupaten. Dari hasil klarifikasi penilaian di lapangan, ini akan kembali dipresentasikan juri di tingkat Propinsi. Penilaiannya menurut Hotler dibagi ke dalam empat aspek. Yaitu tentang pemerintahan desa, penyelenggaraan pembangunan, pemberdayaan masyarakat, dan pembinaan kelembagaannya.

“Nantinya Desa Pagal Baru Kecamatan Tempunak akan dinilai oleh Tim Penilai dari Pemerintah Provinsi Kalbar pada Jumat 28 April 2017 dan Kelurahan Kapuas Kanan Hulu Kecamatan Sintang pada Kamis 27 April 2017 mendatang,”jelas Hotler.

Dikatakan Hotler, untuk di tingkat provinsi ini pihaknya akan berupaya terhadap desa dan kelurahan yang berprestasi ini dapat masuk sepuluh besar menuju tingkat nasional di tahun 2017 mendatang.

“Jadi, untuk di tingkat nasional ini yang diambil hanya sepuluh besar saja tidak diambil secara keseluruhan dari 34 provinsi ini. Sehingga, kami akan berusaha melakukan pembinaan,” harapnya.

Melalui kegiatan ini, Hotler berharap dapat memberikan dorongan yang kuat bagi masyarakat di setiap desa maupun kelurahan yang memiliki potensi dan kreativitas serta kemampuan untuk membangun wilayahnya.

“Jadi, saya harapkan kepala desa maupun lurah di seluruh kabupaten kota agar dapat menerapkan indikator yang sudah menjadi penilaian, baik aparatur desa dan lurah dan masyarakat setempat,” ujarnya. (okt)